DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT DESAIN KEMASAN ANGKATAN 7 2022

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 1 6 26 34 227 84.70% 7 10.44% 60 89.55%
2 Perlengkapan kamar tidur 3 12 32 20 203 75.74% 15 22.38% 52 77.61%
3 Kecukupan makanan 2 3 23 39 233 86.94% 5 7.462% 62 92.53%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 2 0 20 45 242 90.29% 2 2.985% 62 97.01%
5 Kelancaran penerangan Listrik 2 1 18 46 242 90.29% 3 4.477% 64 95.52%
Jumlah
10 22 119 184 1147 85.59% 32 9.552% 303 90.44%
100




0
84.70%
75.74%
86.94%
90.29%
90.29%
85.59%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720003 1 2 30 34 231 86.19% 3 4.477% 64 95.52%
2 Penggunaan metode mengajar 2 2 25 38 233 86.94% 4 5.970% 63 94.02%
3 Keterampilan & berkomunikasi 2 1 30 34 230 85.82% 3 4.477% 64 95.52%
4 Penggunaan media pembelajaran 2 0 24 41 238 88.80% 2 2.985% 65 97.01%
5 Penguasaan materi 2 0 29 36 233 86.94% 2 2.985% 65 97.01%
Jumlah
9 5 138 183 1165 86.94% 14 4.179% 321 95.82%
100




0
86.19%
86.94%
85.82%
88.80%
86.94%
86.94%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 2 0 23 42 239 89.17% 2 2.985% 65 97.01%
2 Kebersihan Toilet (WC) 1 4 33 29 224 83.58% 5 7.462% 62 92.53%
3 Kebersihan lingkungan kantor 1 3 26 37 233 86.94% 4 5.970% 63 94.02%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 4 11 32 20 202 75.37% 15 22.38% 52 77.61%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 1 2 27 37 234 87.31% 3 4.477% 64 95.52%
6 Kenyamanan ruang praktek 2 0 18 47 244 91.04% 2 2.985% 65 97.01%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 1 4 24 38 233 86.94% 5 7.462% 62 92.53%
Jumlah
12 24 183 250 1609 85.76% 36 7.675% 433 92.32%
100




0
89.17%
83.58%
86.94%
75.37%
87.31%
91.04%
86.94%
85.76%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 2 2 23 40 235 87.68% 4 5.970% 63 94.02%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 2 1 22 42 238 88.80% 3 4.477% 64 95.52%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 2 1 29 35 231 86.19% 3 4.477% 64 95.52%
4 Kelancaran proses asessment 2 2 26 37 232 86.56% 4 5.970% 63 94.02%
5 Kedisiplinan 2 0 26 39 236 88.05% 2 2.985% 65 97.01%
Jumlah
10 6 126 193 1172 87.46% 16 4.776% 319 95.22%
100




0
87.68%
88.80%
86.19%
86.56%
88.05%
87.46%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 2 2 23 40 235 87.68% 4 5.970% 63 94.02%
2 Layanan makanan 6 7 17 37 219 81.71% 13 19.40% 54 80.59%
3 Layanan panitia kegiatan 2 2 23 40 235 87.68% 4 5.970% 63 94.02%
4 Layanan administrasi kegiatan 2 3 23 39 233 86.94% 5 7.462% 62 92.53%
5 Keramahan 2 2 23 40 235 87.68% 4 5.970% 63 94.02%
Jumlah
14 16 109 196 1157 86.34% 30 8.955% 305 91.04%
100




0
87.68%
81.71%
87.68%
86.94%
87.68%
86.34%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 3 1 19 44 238 88.80% 4 5.970% 63 94.02%
2 Transparansi keuangan 2 4 21 40 233 86.94% 6 8.955% 61 91.04%
3 Bebas Pungli 3 1 20 43 237 88.43% 4 5.970% 63 94.02%
4 Bebas gratifikasi 3 1 24 39 233 86.94% 4 5.970% 63 94.02%
Jumlah
11 7 84 166 941 87.77% 18 6.716% 250 93.28%
100




0
88.80%
86.94%
88.43%
86.94%
87.77%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
90.44%
95.82%
92.32%
95.22%
91.04%
93.28%
93.02%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 93.02%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005