DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT DESAIN KEMASAN ANGKATAN 7 2023

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 45 0 135 75% 0 0% 45 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 45 0 135 75% 0 0% 45 100%
3 Kecukupan makanan 5 5 10 25 145 80.55% 10 22.22% 35 77.77%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 0 2 8 35 168 93.33% 2 4.444% 35 95.55%
5 Kelancaran penerangan Listrik 0 1 5 39 173 96.11% 1 2.222% 44 97.77%
Jumlah
5 8 113 99 756 84% 13 5.777% 212 94.22%
100




0
75%
75%
80.55%
93.33%
96.11%
84%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720003 0 0 11 34 169 93.88% 0 0% 45 100%
2 Penggunaan metode mengajar 0 0 9 36 171 95% 0 0% 45 100%
3 Keterampilan & berkomunikasi 0 0 8 37 172 95.55% 0 0% 45 100%
4 Penggunaan media pembelajaran 0 0 5 40 175 97.22% 0 0% 45 100%
5 Penguasaan materi 0 0 6 39 174 96.66% 0 0% 45 100%
Jumlah
0 0 39 186 861 95.66% 0 0% 225 100%
100




0
93.88%
95%
95.55%
97.22%
96.66%
95.66%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 0 0 4 41 176 97.77% 0 0% 45 100%
2 Kebersihan Toilet (WC) 1 6 19 19 146 81.11% 7 15.55% 38 84.44%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 45 0 135 75% 0 0% 45 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 45 0 135 75% 0 0% 45 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 0 0 9 36 171 95% 0 0% 45 100%
6 Kenyamanan ruang praktek 0 0 4 41 176 97.77% 0 0% 45 100%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 45 0 0 90 50% 45 100% 0 0%
Jumlah
1 51 126 137 1029 81.66% 52 16.50% 263 83.49%
100




0
97.77%
81.11%
75%
75%
95%
97.77%
50%
81.66%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 1 0 6 38 171 95% 1 2.222% 44 97.77%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 0 0 11 34 169 93.88% 0 0% 45 100%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 0 1 12 32 166 92.22% 1 2.222% 44 97.77%
4 Kelancaran proses asessment 0 0 10 35 170 94.44% 0 0% 45 100%
5 Kedisiplinan 0 0 9 36 171 95% 0 0% 45 100%
Jumlah
1 1 48 175 847 94.11% 2 0.888% 223 99.11%
100




0
95%
93.88%
92.22%
94.44%
95%
94.11%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 45 0 135 75% 0 0% 45 100%
2 Layanan makanan 6 6 14 19 136 75.55% 12 26.66% 33 73.33%
3 Layanan panitia kegiatan 2 0 8 35 166 92.22% 2 4.444% 43 95.55%
4 Layanan administrasi kegiatan 2 0 8 35 166 92.22% 2 4.444% 43 95.55%
5 Keramahan 2 2 12 29 158 87.77% 4 8.888% 41 91.11%
Jumlah
12 8 87 118 761 84.55% 20 8.888% 205 91.11%
100




0
75%
75.55%
92.22%
92.22%
87.77%
84.55%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 0 0 7 38 173 96.11% 0 0% 45 100%
2 Transparansi keuangan 0 0 10 35 170 94.44% 0 0% 45 100%
3 Bebas Pungli 0 0 7 38 173 96.11% 0 0% 45 100%
4 Bebas gratifikasi 0 0 7 38 173 96.11% 0 0% 45 100%
Jumlah
0 0 31 149 689 95.69% 0 0% 180 100%
100




0
96.11%
94.44%
96.11%
96.11%
95.69%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
94.22%
100%
83.49%
99.11%
91.11%
100%
94.65%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 94.65%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005