DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT DESAIN KEMASAN ANGKATAN 8 2022

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 7 2 32 28 219 79.34% 9 13.04% 60 86.95%
2 Perlengkapan kamar tidur 6 4 30 29 220 79.71% 10 14.49% 59 85.50%
3 Kecukupan makanan 3 2 15 49 248 89.85% 5 7.246% 64 92.75%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 3 2 24 40 239 86.59% 5 7.246% 64 92.75%
5 Kelancaran penerangan Listrik 3 2 22 42 241 87.31% 5 7.246% 64 92.75%
Jumlah
22 12 123 188 1167 84.56% 34 9.855% 311 90.14%
100




0
79.34%
79.71%
89.85%
86.59%
87.31%
84.56%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720003 3 1 16 49 249 90.21% 4 5.797% 65 94.20%
2 Penggunaan metode mengajar 3 3 14 49 247 89.49% 6 8.695% 63 91.30%
3 Keterampilan & berkomunikasi 4 1 12 52 250 90.57% 5 7.246% 64 92.75%
4 Penggunaan media pembelajaran 3 2 14 50 249 90.21% 5 7.246% 64 92.75%
5 Penguasaan materi 3 2 17 47 246 89.13% 5 7.246% 64 92.75%
Jumlah
16 9 73 247 1241 89.92% 25 7.246% 320 92.75%
100




0
90.21%
89.49%
90.57%
90.21%
89.13%
89.92%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 3 2 18 46 245 88.76% 5 7.246% 64 92.75%
2 Kebersihan Toilet (WC) 2 6 38 23 220 79.71% 8 11.59% 61 88.40%
3 Kebersihan lingkungan kantor 2 2 27 38 239 86.59% 4 5.797% 65 94.20%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 4 5 33 27 221 80.07% 9 13.04% 60 86.95%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 3 4 21 41 238 86.23% 7 10.14% 62 89.85%
6 Kenyamanan ruang praktek 3 1 16 49 249 90.21% 4 5.797% 65 94.20%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 3 1 24 41 241 87.31% 4 5.797% 65 94.20%
Jumlah
20 21 177 265 1653 85.55% 41 8.488% 442 91.51%
100




0
88.76%
79.71%
86.59%
80.07%
86.23%
90.21%
87.31%
85.55%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 4 0 16 49 248 89.85% 4 5.797% 65 94.20%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 3 2 13 51 250 90.57% 5 7.246% 64 92.75%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 2 2 17 48 249 90.21% 4 5.797% 65 94.20%
4 Kelancaran proses asessment 2 3 17 47 247 89.49% 5 7.246% 64 92.75%
5 Kedisiplinan 1 5 21 42 242 87.68% 6 8.695% 63 91.30%
Jumlah
12 12 84 237 1236 89.56% 24 6.956% 321 93.04%
100




0
89.85%
90.57%
90.21%
89.49%
87.68%
89.56%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 4 1 27 37 235 85.14% 5 7.246% 64 92.75%
2 Layanan makanan 3 0 18 48 249 90.21% 3 4.347% 66 95.65%
3 Layanan panitia kegiatan 3 1 13 52 252 91.30% 4 5.797% 65 94.20%
4 Layanan administrasi kegiatan 2 1 17 49 251 90.94% 3 4.347% 66 95.65%
5 Keramahan 2 3 16 48 248 89.85% 5 7.246% 64 92.75%
Jumlah
14 6 91 234 1235 89.49% 20 5.797% 325 94.20%
100




0
85.14%
90.21%
91.30%
90.94%
89.85%
89.49%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 3 2 16 48 247 89.49% 5 7.246% 64 92.75%
2 Transparansi keuangan 4 1 19 45 243 88.04% 5 7.246% 64 92.75%
3 Bebas Pungli 4 1 18 46 244 88.40% 5 7.246% 64 92.75%
4 Bebas gratifikasi 4 1 18 46 244 88.40% 5 7.246% 64 92.75%
Jumlah
15 5 71 185 978 88.58% 20 7.246% 256 92.75%
100




0
89.49%
88.04%
88.40%
88.40%
88.58%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
90.14%
92.75%
91.51%
93.04%
94.20%
92.75%
92.40%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 92.40%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005