DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT DESAIN KEMASAN ANGKATAN 9 2022

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 2 5 15 25 157 83.51% 7 14.89% 40 85.10%
2 Perlengkapan kamar tidur 3 5 18 21 151 80.31% 8 17.02% 39 82.97%
3 Kecukupan makanan 1 3 7 36 172 91.48% 4 8.510% 43 91.48%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 2 0 10 35 172 91.48% 2 4.255% 43 95.74%
5 Kelancaran penerangan Listrik 2 0 12 33 170 90.42% 2 4.255% 45 95.74%
Jumlah
10 13 62 150 822 87.44% 23 9.787% 212 90.21%
100




0
83.51%
80.31%
91.48%
91.48%
90.42%
87.44%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720003 2 2 11 32 167 88.82% 4 8.510% 43 91.48%
2 Penggunaan metode mengajar 2 0 8 37 174 92.55% 2 4.255% 45 95.74%
3 Keterampilan & berkomunikasi 2 0 10 35 172 91.48% 2 4.255% 45 95.74%
4 Penggunaan media pembelajaran 2 0 10 35 172 91.48% 2 4.255% 45 95.74%
5 Penguasaan materi 2 0 11 34 171 90.95% 2 4.255% 45 95.74%
Jumlah
10 2 50 173 856 91.06% 12 5.106% 223 94.89%
100




0
88.82%
92.55%
91.48%
91.48%
90.95%
91.06%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 2 0 9 36 173 92.02% 2 4.255% 45 95.74%
2 Kebersihan Toilet (WC) 3 2 15 27 160 85.10% 5 10.63% 42 89.36%
3 Kebersihan lingkungan kantor 1 2 10 34 171 90.95% 3 6.382% 44 93.61%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 5 8 16 18 141 75% 13 27.65% 34 72.34%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 2 7 13 25 155 82.44% 9 19.14% 38 80.85%
6 Kenyamanan ruang praktek 2 3 8 34 168 89.36% 5 10.63% 42 89.36%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 2 4 15 26 159 84.57% 6 12.76% 41 87.23%
Jumlah
17 26 86 200 1127 85.63% 43 13.06% 286 86.93%
100




0
92.02%
85.10%
90.95%
75%
82.44%
89.36%
84.57%
85.63%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 2 0 15 30 167 88.82% 2 4.255% 45 95.74%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 2 3 15 27 161 85.63% 5 10.63% 42 89.36%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 2 1 15 29 165 87.76% 3 6.382% 44 93.61%
4 Kelancaran proses asessment 2 1 12 32 168 89.36% 3 6.382% 44 93.61%
5 Kedisiplinan 2 0 13 32 169 89.89% 2 4.255% 45 95.74%
Jumlah
10 5 70 150 830 88.29% 15 6.382% 220 93.61%
100




0
88.82%
85.63%
87.76%
89.36%
89.89%
88.29%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 3 0 10 34 169 89.89% 3 6.382% 44 93.61%
2 Layanan makanan 3 2 11 31 164 87.23% 5 10.63% 42 89.36%
3 Layanan panitia kegiatan 2 1 11 33 169 89.89% 3 6.382% 44 93.61%
4 Layanan administrasi kegiatan 2 1 9 35 171 90.95% 3 6.382% 44 93.61%
5 Keramahan 2 0 11 34 171 90.95% 2 4.255% 45 95.74%
Jumlah
12 4 52 167 844 89.78% 16 6.808% 219 93.19%
100




0
89.89%
87.23%
89.89%
90.95%
90.95%
89.78%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 3 0 11 33 168 89.36% 3 6.382% 44 93.61%
2 Transparansi keuangan 2 1 14 30 166 88.29% 3 6.382% 44 93.61%
3 Bebas Pungli 2 0 12 33 170 90.42% 2 4.255% 45 95.74%
4 Bebas gratifikasi 2 0 13 32 169 89.89% 2 4.255% 45 95.74%
Jumlah
9 1 50 128 673 89.49% 10 5.319% 178 94.68%
100




0
89.36%
88.29%
90.42%
89.89%
89.49%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
90.21%
94.89%
86.93%
93.61%
93.19%
94.68%
92.25%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 92.25%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005