DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHAN IKAN ANGKATAN 1 2022

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 10 2 10 38 196 81.66% 12 20% 48 80%
2 Perlengkapan kamar tidur 10 4 12 34 190 79.16% 14 23.33% 46 76.66%
3 Kecukupan makanan 11 1 2 46 203 84.58% 12 20% 48 80%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 12 0 3 45 201 83.75% 12 20% 48 80%
5 Kelancaran penerangan Listrik 12 0 4 44 200 83.33% 12 20% 48 80%
Jumlah
55 7 31 207 990 82.5% 62 20.66% 238 79.33%
100




0
81.66%
79.16%
84.58%
83.75%
83.33%
82.5%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720006 9 3 6 42 201 83.75% 12 20% 48 80%
2 Penggunaan metode mengajar 10 3 11 36 193 80.41% 13 21.66% 47 78.33%
3 Keterampilan & berkomunikasi 10 3 5 42 199 82.91% 13 21.66% 47 78.33%
4 Penggunaan media pembelajaran 10 3 7 40 197 82.08% 13 21.66% 47 78.33%
5 Penguasaan materi 9 3 3 45 204 85% 12 20% 48 80%
Jumlah
48 15 32 205 994 82.83% 63 21% 237 79%
100




0
83.75%
80.41%
82.91%
82.08%
85%
82.83%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 11 2 7 40 196 81.66% 13 21.66% 47 78.33%
2 Kebersihan Toilet (WC) 11 2 8 39 195 81.25% 13 21.66% 47 78.33%
3 Kebersihan lingkungan kantor 11 1 8 40 197 82.08% 12 20% 48 80%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 9 6 16 29 185 77.08% 15 25% 45 75%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 10 2 11 37 195 81.25% 12 20% 48 80%
6 Kenyamanan ruang praktek 9 3 6 42 201 83.75% 12 20% 48 80%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 9 4 8 39 197 82.08% 13 21.66% 47 78.33%
Jumlah
70 20 64 266 1366 81.30% 90 21.42% 330 78.57%
100




0
81.66%
81.25%
82.08%
77.08%
81.25%
83.75%
82.08%
81.30%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 10 2 6 42 200 83.33% 12 20% 48 80%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 8 3 8 41 202 84.16% 11 18.33% 49 81.66%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 8 4 8 40 200 83.33% 12 20% 48 80%
4 Kelancaran proses asessment 8 4 5 43 203 84.58% 12 20% 48 80%
5 Kedisiplinan 10 2 2 46 204 85% 12 20% 48 80%
Jumlah
44 15 29 212 1009 84.08% 59 19.66% 241 80.33%
100




0
83.33%
84.16%
83.33%
84.58%
85%
84.08%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 11 1 3 45 202 84.16% 12 20% 48 80%
2 Layanan makanan 11 1 3 45 202 84.16% 12 20% 48 80%
3 Layanan panitia kegiatan 11 1 5 43 200 83.33% 12 20% 48 80%
4 Layanan administrasi kegiatan 10 2 3 45 203 84.58% 12 20% 48 80%
5 Keramahan 10 2 3 45 203 84.58% 12 20% 48 80%
Jumlah
53 7 17 223 1010 84.16% 60 20% 240 80%
100




0
84.16%
84.16%
83.33%
84.58%
84.58%
84.16%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 10 3 4 43 200 83.33% 13 21.66% 47 78.33%
2 Transparansi keuangan 10 3 7 40 197 82.08% 13 21.66% 47 78.33%
3 Bebas Pungli 10 3 3 44 201 83.75% 13 21.66% 47 78.33%
4 Bebas gratifikasi 10 3 3 44 201 83.75% 13 21.66% 47 78.33%
Jumlah
40 12 17 171 799 83.22% 52 21.66% 188 78.33%
100




0
83.33%
82.08%
83.75%
83.75%
83.22%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
79.33%
79%
78.57%
80.33%
80%
78.33%
79.26%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 79.26%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005