DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHAN IKAN ANGKATAN 1 2023

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 46 0 138 75% 0 0% 46 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 46 0 138 75% 0 0% 46 100%
3 Kecukupan makanan 0 1 8 37 174 94.56% 1 2.173% 45 97.82%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 1 0 10 35 171 92.93% 1 2.173% 45 97.82%
5 Kelancaran penerangan Listrik 1 0 7 38 174 94.56% 1 2.173% 45 97.82%
Jumlah
2 1 117 110 795 86.41% 3 1.304% 227 98.69%
100




0
75%
75%
94.56%
92.93%
94.56%
86.41%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720006 2 0 10 34 168 91.30% 2 4.347% 44 95.65%
2 Penggunaan metode mengajar 3 0 8 35 167 90.76% 3 6.521% 43 93.47%
3 Keterampilan & berkomunikasi 3 0 6 37 169 91.84% 3 6.521% 43 93.47%
4 Penggunaan media pembelajaran 1 0 9 36 172 93.47% 1 2.173% 45 97.82%
5 Penguasaan materi 1 0 11 34 170 92.39% 1 2.173% 45 97.82%
Jumlah
10 0 44 176 846 91.95% 10 4.347% 220 95.65%
100




0
91.30%
90.76%
91.84%
93.47%
92.39%
91.95%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 1 0 14 31 167 90.76% 1 2.173% 45 97.82%
2 Kebersihan Toilet (WC) 0 3 14 29 164 89.13% 3 6.521% 43 93.47%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 46 0 138 75% 0 0% 46 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 46 0 138 75% 0 0% 46 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 1 0 12 33 169 91.84% 1 2.173% 45 97.82%
6 Kenyamanan ruang praktek 1 1 10 34 169 91.84% 2 4.347% 44 95.65%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 0 46 0 138 75% 0 0% 46 100%
Jumlah
3 4 188 127 1083 84.08% 7 2.173% 315 97.82%
100




0
90.76%
89.13%
75%
75%
91.84%
91.84%
75%
84.08%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 1 0 13 32 168 91.30% 1 2.173% 45 97.82%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 0 1 14 31 168 91.30% 1 2.173% 45 97.82%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 1 0 11 34 170 92.39% 1 2.173% 45 97.82%
4 Kelancaran proses asessment 1 0 13 32 168 91.30% 1 2.173% 45 97.82%
5 Kedisiplinan 1 0 12 33 169 91.84% 1 2.173% 45 97.82%
Jumlah
4 1 63 162 843 91.63% 5 2.173% 225 97.82%
100




0
91.30%
91.30%
92.39%
91.30%
91.84%
91.63%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 46 0 138 75% 0 0% 46 100%
2 Layanan makanan 1 0 9 36 172 93.47% 1 2.173% 45 97.82%
3 Layanan panitia kegiatan 1 0 7 38 174 94.56% 1 2.173% 45 97.82%
4 Layanan administrasi kegiatan 1 0 9 36 172 93.47% 1 2.173% 45 97.82%
5 Keramahan 1 0 8 37 173 94.02% 1 2.173% 45 97.82%
Jumlah
4 0 79 147 829 90.10% 4 1.739% 226 98.26%
100




0
75%
93.47%
94.56%
93.47%
94.02%
90.10%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 0 0 6 40 178 96.73% 0 0% 46 100%
2 Transparansi keuangan 0 0 6 40 178 96.73% 0 0% 46 100%
3 Bebas Pungli 0 0 7 39 177 96.19% 0 0% 46 100%
4 Bebas gratifikasi 1 0 7 38 174 94.56% 1 2.173% 45 97.82%
Jumlah
1 0 26 157 707 96.05% 1 0.543% 183 99.45%
100




0
96.73%
96.73%
96.19%
94.56%
96.05%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
98.69%
95.65%
97.82%
97.82%
98.26%
99.45%
97.95%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 97.95%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005