DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHAN IKAN ANGKATAN 1 2024

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 39 0 117 75% 0 0% 39 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 39 0 117 75% 0 0% 39 100%
3 Kecukupan makanan 0 0 5 34 151 96.79% 0 0% 39 100%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 0 0 1 38 155 99.35% 0 0% 39 100%
5 Kelancaran penerangan Listrik 0 0 5 34 151 96.79% 0 0% 39 100%
Jumlah
0 0 89 106 691 88.58% 0 0% 195 100%
100




0
75%
75%
96.79%
99.35%
96.79%
88.58%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720006 0 0 9 30 147 94.23% 0 0% 39 100%
2 Penggunaan metode mengajar 0 1 7 31 147 94.23% 1 2.564% 38 97.43%
3 Keterampilan & berkomunikasi 0 0 3 36 153 98.07% 0 0% 39 100%
4 Penggunaan media pembelajaran 0 2 8 29 144 92.30% 2 5.128% 37 94.87%
5 Penguasaan materi 0 0 4 35 152 97.43% 0 0% 39 100%
Jumlah
0 3 31 161 743 95.25% 3 1.538% 192 98.46%
100




0
94.23%
94.23%
98.07%
92.30%
97.43%
95.25%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 0 1 9 29 145 92.94% 1 2.564% 38 97.43%
2 Kebersihan Toilet (WC) 0 1 9 29 145 92.94% 1 2.564% 38 97.43%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 39 0 117 75% 0 0% 39 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 39 0 117 75% 0 0% 39 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 0 2 12 25 140 89.74% 2 5.128% 37 94.87%
6 Kenyamanan ruang praktek 0 3 9 27 141 90.38% 3 7.692% 36 92.30%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 39 0 0 78 50% 39 100% 0 0%
Jumlah
0 46 117 110 883 80.86% 46 16.84% 227 83.15%
100




0
92.94%
92.94%
75%
75%
89.74%
90.38%
50%
80.86%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 0 1 5 33 149 95.51% 1 2.564% 38 97.43%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 0 3 10 26 140 89.74% 3 7.692% 36 92.30%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 0 0 10 29 146 93.58% 0 0% 39 100%
4 Kelancaran proses asessment 0 2 9 28 143 91.66% 2 5.128% 37 94.87%
5 Kedisiplinan 0 0 9 30 147 94.23% 0 0% 39 100%
Jumlah
0 6 43 146 725 92.94% 6 3.076% 189 96.92%
100




0
95.51%
89.74%
93.58%
91.66%
94.23%
92.94%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 39 0 117 75% 0 0% 39 100%
2 Layanan makanan 0 0 2 37 154 98.71% 0 0% 39 100%
3 Layanan panitia kegiatan 0 0 4 35 152 97.43% 0 0% 39 100%
4 Layanan administrasi kegiatan 0 0 5 34 151 96.79% 0 0% 39 100%
5 Keramahan 0 0 2 37 154 98.71% 0 0% 39 100%
Jumlah
0 0 52 143 728 93.33% 0 0% 195 100%
100




0
75%
98.71%
97.43%
96.79%
98.71%
93.33%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 1 0 4 34 149 95.51% 1 2.564% 38 97.43%
2 Transparansi keuangan 1 0 4 34 149 95.51% 1 2.564% 38 97.43%
3 Bebas Pungli 1 0 3 35 150 96.15% 1 2.564% 38 97.43%
4 Bebas gratifikasi 1 0 3 35 150 96.15% 1 2.564% 38 97.43%
Jumlah
4 0 14 138 598 95.83% 4 2.564% 152 97.43%
100




0
95.51%
95.51%
96.15%
96.15%
95.83%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
100%
98.46%
83.15%
96.92%
100%
97.43%
95.99%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 95.99%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005