DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHAN IKAN ANGKATAN 10 2022

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 2 3 15 10 93 77.5% 5 16.66% 25 83.33%
2 Perlengkapan kamar tidur 1 5 14 10 93 77.5% 6 20% 24 80%
3 Kecukupan makanan 1 0 8 21 109 90.83% 1 3.333% 29 96.66%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 0 1 11 18 107 89.16% 1 3.333% 29 96.66%
5 Kelancaran penerangan Listrik 1 0 15 14 102 85% 1 3.333% 29 96.66%
Jumlah
5 9 63 73 504 84% 14 9.333% 136 90.66%
100




0
77.5%
77.5%
90.83%
89.16%
85%
84%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720006 1 1 12 16 103 85.83% 2 6.666% 28 93.33%
2 Penggunaan metode mengajar 1 0 9 20 108 90% 1 3.333% 29 96.66%
3 Keterampilan & berkomunikasi 1 0 8 21 109 90.83% 1 3.333% 29 96.66%
4 Penggunaan media pembelajaran 1 0 9 20 108 90% 1 3.333% 29 96.66%
5 Penguasaan materi 1 0 7 22 110 91.66% 1 3.333% 29 96.66%
Jumlah
5 1 45 99 538 89.66% 6 4% 144 96%
100




0
85.83%
90%
90.83%
90%
91.66%
89.66%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 1 1 14 14 101 84.16% 2 6.666% 28 93.33%
2 Kebersihan Toilet (WC) 0 3 17 10 97 80.83% 3 10% 27 90%
3 Kebersihan lingkungan kantor 1 2 17 10 96 80% 3 10% 27 90%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 2 4 16 8 90 75% 6 20% 24 80%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 1 0 17 12 100 83.33% 1 3.333% 29 96.66%
6 Kenyamanan ruang praktek 1 1 16 12 99 82.5% 2 6.666% 28 93.33%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 1 1 17 11 98 81.66% 2 6.666% 28 93.33%
Jumlah
7 12 114 77 681 81.07% 19 9.047% 191 90.95%
100




0
84.16%
80.83%
80%
75%
83.33%
82.5%
81.66%
81.07%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 1 1 11 17 104 86.66% 2 6.666% 28 93.33%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 1 1 12 16 103 85.83% 2 6.666% 28 93.33%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 1 1 11 17 104 86.66% 2 6.666% 28 93.33%
4 Kelancaran proses asessment 1 1 12 16 103 85.83% 2 6.666% 28 93.33%
5 Kedisiplinan 1 0 11 18 106 88.33% 1 3.333% 29 96.66%
Jumlah
5 4 57 84 520 86.66% 9 6% 141 94%
100




0
86.66%
85.83%
86.66%
85.83%
88.33%
86.66%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 1 3 17 9 94 78.33% 4 13.33% 26 86.66%
2 Layanan makanan 1 1 8 20 107 89.16% 2 6.666% 28 93.33%
3 Layanan panitia kegiatan 1 0 9 20 108 90% 1 3.333% 29 96.66%
4 Layanan administrasi kegiatan 1 0 13 16 104 86.66% 1 3.333% 29 96.66%
5 Keramahan 1 0 6 23 111 92.5% 1 3.333% 29 96.66%
Jumlah
5 4 53 88 524 87.33% 9 6% 141 94%
100




0
78.33%
89.16%
90%
86.66%
92.5%
87.33%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 1 0 11 18 106 88.33% 1 3.333% 29 96.66%
2 Transparansi keuangan 1 0 13 16 104 86.66% 1 3.333% 29 96.66%
3 Bebas Pungli 1 0 12 17 105 87.5% 1 3.333% 29 96.66%
4 Bebas gratifikasi 1 0 13 16 104 86.66% 1 3.333% 29 96.66%
Jumlah
4 0 49 67 419 87.29% 4 3.333% 116 96.66%
100




0
88.33%
86.66%
87.5%
86.66%
87.29%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
90.66%
96%
90.95%
94%
94%
96.66%
93.71%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 93.71%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005