DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHAN IKAN ANGKATAN 10 2023

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 42 0 126 75% 0 0% 42 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 42 0 126 75% 0 0% 42 100%
3 Kecukupan makanan 1 3 11 27 148 88.09% 4 9.523% 38 90.47%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 1 4 14 23 143 85.11% 5 11.90% 38 88.09%
5 Kelancaran penerangan Listrik 1 1 9 31 154 91.66% 2 4.761% 40 95.23%
Jumlah
3 8 118 81 697 82.97% 11 5.238% 199 94.76%
100




0
75%
75%
88.09%
85.11%
91.66%
82.97%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720006 1 1 12 28 151 89.88% 2 4.761% 40 95.23%
2 Penggunaan metode mengajar 1 1 8 32 155 92.26% 2 4.761% 40 95.23%
3 Keterampilan & berkomunikasi 1 1 9 31 154 91.66% 2 4.761% 40 95.23%
4 Penggunaan media pembelajaran 1 1 10 30 153 91.07% 2 4.761% 40 95.23%
5 Penguasaan materi 0 2 9 31 155 92.26% 2 4.761% 40 95.23%
Jumlah
4 6 48 152 768 91.42% 10 4.761% 200 95.23%
100




0
89.88%
92.26%
91.66%
91.07%
92.26%
91.42%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 1 1 16 24 147 87.5% 2 4.761% 40 95.23%
2 Kebersihan Toilet (WC) 1 2 11 28 150 89.28% 3 7.142% 39 92.85%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 42 0 126 75% 0 0% 42 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 42 0 126 75% 0 0% 42 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 1 1 14 26 149 88.69% 2 4.761% 40 95.23%
6 Kenyamanan ruang praktek 1 2 12 27 149 88.69% 3 7.142% 39 92.85%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 0 42 0 126 75% 0 0% 42 100%
Jumlah
4 6 179 105 973 82.73% 10 3.401% 284 96.59%
100




0
87.5%
89.28%
75%
75%
88.69%
88.69%
75%
82.73%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 0 2 9 31 155 92.26% 2 4.761% 40 95.23%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 0 2 15 25 149 88.69% 2 4.761% 40 95.23%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 1 2 10 29 151 89.88% 3 7.142% 39 92.85%
4 Kelancaran proses asessment 1 1 12 28 151 89.88% 2 4.761% 40 95.23%
5 Kedisiplinan 0 4 10 28 150 89.28% 4 9.523% 38 90.47%
Jumlah
2 11 56 141 756 90% 13 6.190% 197 93.80%
100




0
92.26%
88.69%
89.88%
89.88%
89.28%
90%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 42 0 126 75% 0 0% 42 100%
2 Layanan makanan 4 1 14 23 140 83.33% 5 11.90% 37 88.09%
3 Layanan panitia kegiatan 1 1 10 30 153 91.07% 2 4.761% 40 95.23%
4 Layanan administrasi kegiatan 1 1 11 29 152 90.47% 2 4.761% 40 95.23%
5 Keramahan 1 1 8 32 155 92.26% 2 4.761% 40 95.23%
Jumlah
7 4 85 114 726 86.42% 11 5.238% 199 94.76%
100




0
75%
83.33%
91.07%
90.47%
92.26%
86.42%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 1 1 9 31 154 91.66% 2 4.761% 40 95.23%
2 Transparansi keuangan 1 2 10 29 151 89.88% 3 7.142% 39 92.85%
3 Bebas Pungli 1 1 9 31 154 91.66% 2 4.761% 40 95.23%
4 Bebas gratifikasi 1 1 9 31 154 91.66% 2 4.761% 40 95.23%
Jumlah
4 5 37 122 613 91.22% 9 5.357% 159 94.64%
100




0
91.66%
89.88%
91.66%
91.66%
91.22%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
94.76%
95.23%
96.59%
93.80%
94.76%
94.64%
94.96%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 94.96%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005