DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHAN IKAN ANGKATAN 11 2022

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 2 2 14 7 76 76% 4 16% 21 84%
2 Perlengkapan kamar tidur 2 3 13 7 75 75% 5 20% 20 80%
3 Kecukupan makanan 1 1 13 10 82 82% 2 8% 23 92%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 1 1 12 11 83 83% 2 8% 23 92%
5 Kelancaran penerangan Listrik 1 1 11 12 84 84% 2 8% 23 92%
Jumlah
7 8 63 47 400 80% 15 12% 110 88%
100




0
76%
75%
82%
83%
84%
80%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720006 0 1 12 12 86 86% 1 4% 24 96%
2 Penggunaan metode mengajar 0 1 12 12 86 86% 1 4% 24 96%
3 Keterampilan & berkomunikasi 0 1 12 12 86 86% 1 4% 24 96%
4 Penggunaan media pembelajaran 0 1 13 11 85 85% 1 4% 24 96%
5 Penguasaan materi 0 2 10 13 86 86% 2 8% 23 92%
Jumlah
0 6 59 60 429 85.8% 6 4.8% 119 95.2%
100




0
86%
86%
86%
85%
86%
85.8%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 0 2 11 12 85 85% 2 8% 23 92%
2 Kebersihan Toilet (WC) 0 2 11 12 85 85% 2 8% 23 92%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 1 11 13 87 87% 1 4% 24 96%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 1 1 12 11 83 83% 2 8% 23 92%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 1 0 14 10 83 83% 1 4% 24 96%
6 Kenyamanan ruang praktek 1 1 12 11 83 83% 2 8% 23 92%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 1 1 13 10 82 82% 2 8% 23 92%
Jumlah
4 8 84 79 588 84% 12 6.857% 163 93.14%
100




0
85%
85%
87%
83%
83%
83%
82%
84%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 1 0 11 13 86 86% 1 4% 24 96%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 0 1 14 10 84 84% 1 4% 24 96%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 0 2 10 13 86 86% 2 8% 23 92%
4 Kelancaran proses asessment 1 0 14 10 83 83% 1 4% 24 96%
5 Kedisiplinan 0 1 13 11 85 85% 1 4% 24 96%
Jumlah
2 4 62 57 424 84.8% 6 4.8% 119 95.2%
100




0
86%
84%
86%
83%
85%
84.8%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 1 14 10 84 84% 1 4% 24 96%
2 Layanan makanan 1 0 14 10 83 83% 1 4% 24 96%
3 Layanan panitia kegiatan 1 1 10 13 85 85% 2 8% 23 92%
4 Layanan administrasi kegiatan 0 1 12 12 86 86% 1 4% 24 96%
5 Keramahan 1 1 10 13 85 85% 2 8% 23 92%
Jumlah
3 4 60 58 423 84.6% 7 5.6% 118 94.4%
100




0
84%
83%
85%
86%
85%
84.6%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 0 1 13 11 85 85% 1 4% 24 96%
2 Transparansi keuangan 0 2 11 12 85 85% 2 8% 23 92%
3 Bebas Pungli 0 1 13 11 85 85% 1 4% 24 96%
4 Bebas gratifikasi 0 1 11 13 87 87% 1 4% 24 96%
Jumlah
0 5 48 47 342 85.5% 5 5% 95 95%
100




0
85%
85%
85%
87%
85.5%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
88%
95.2%
93.14%
95.2%
94.4%
95%
93.49%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 93.49%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005