DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHAN IKAN ANGKATAN 11 2023

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 44 0 132 75% 0 0% 44 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 44 0 132 75% 0 0% 44 100%
3 Kecukupan makanan 0 0 11 33 165 93.75% 0 0% 44 100%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 0 7 19 18 143 81.25% 7 15.90% 44 84.09%
5 Kelancaran penerangan Listrik 0 0 14 30 162 92.04% 0 0% 44 100%
Jumlah
0 7 132 81 734 83.40% 7 3.181% 213 96.81%
100




0
75%
75%
93.75%
81.25%
92.04%
83.40%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720006 0 1 19 24 155 88.06% 1 2.272% 43 97.72%
2 Penggunaan metode mengajar 0 0 16 28 160 90.90% 0 0% 44 100%
3 Keterampilan & berkomunikasi 0 0 11 33 165 93.75% 0 0% 44 100%
4 Penggunaan media pembelajaran 0 1 17 26 157 89.20% 1 2.272% 43 97.72%
5 Penguasaan materi 0 0 10 34 166 94.31% 0 0% 44 100%
Jumlah
0 2 73 145 803 91.25% 2 0.909% 218 99.09%
100




0
88.06%
90.90%
93.75%
89.20%
94.31%
91.25%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 0 3 18 23 152 86.36% 3 6.818% 41 93.18%
2 Kebersihan Toilet (WC) 1 18 11 14 126 71.59% 19 43.18% 25 56.81%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 44 0 132 75% 0 0% 44 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 44 0 132 75% 0 0% 44 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 0 5 21 18 145 82.38% 5 11.36% 39 88.63%
6 Kenyamanan ruang praktek 0 1 23 20 151 85.79% 1 2.272% 43 97.72%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 44 0 0 88 50% 44 100% 0 0%
Jumlah
1 71 161 75 926 75.16% 72 23.37% 236 76.62%
100




0
86.36%
71.59%
75%
75%
82.38%
85.79%
50%
75.16%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 0 1 8 35 166 94.31% 1 2.272% 43 97.72%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 0 3 10 31 160 90.90% 3 6.818% 41 93.18%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 0 3 18 23 152 86.36% 3 6.818% 41 93.18%
4 Kelancaran proses asessment 0 2 17 25 155 88.06% 2 4.545% 42 95.45%
5 Kedisiplinan 0 1 16 27 158 89.77% 1 2.272% 43 97.72%
Jumlah
0 10 69 141 791 89.88% 10 4.545% 210 95.45%
100




0
94.31%
90.90%
86.36%
88.06%
89.77%
89.88%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 44 0 132 75% 0 0% 44 100%
2 Layanan makanan 0 0 7 37 169 96.02% 0 0% 44 100%
3 Layanan panitia kegiatan 0 0 11 33 165 93.75% 0 0% 44 100%
4 Layanan administrasi kegiatan 0 0 16 28 160 90.90% 0 0% 44 100%
5 Keramahan 0 1 7 36 167 94.88% 1 2.272% 43 97.72%
Jumlah
0 1 85 134 793 90.11% 1 0.454% 219 99.54%
100




0
75%
96.02%
93.75%
90.90%
94.88%
90.11%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 0 1 9 34 165 93.75% 1 2.272% 43 97.72%
2 Transparansi keuangan 1 0 11 32 162 92.04% 1 2.272% 43 97.72%
3 Bebas Pungli 0 0 14 30 162 92.04% 0 0% 44 100%
4 Bebas gratifikasi 0 0 16 28 160 90.90% 0 0% 44 100%
Jumlah
1 1 50 124 649 92.18% 2 1.136% 174 98.86%
100




0
93.75%
92.04%
92.04%
90.90%
92.18%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
96.81%
99.09%
76.62%
95.45%
99.54%
98.86%
94.39%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 94.39%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005