DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHAN IKAN ANGKATAN 11 2024

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 40 0 120 75% 0 0% 40 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 40 0 120 75% 0 0% 40 100%
3 Kecukupan makanan 0 1 2 37 156 97.5% 1 2.5% 39 97.5%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 0 10 7 23 133 83.12% 10 25% 39 75%
5 Kelancaran penerangan Listrik 0 2 9 29 147 91.87% 2 5% 38 95%
Jumlah
0 13 98 89 676 84.5% 13 6.5% 187 93.5%
100




0
75%
75%
97.5%
83.12%
91.87%
84.5%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720006 1 0 6 33 151 94.37% 1 2.5% 39 97.5%
2 Penggunaan metode mengajar 0 0 7 33 153 95.62% 0 0% 40 100%
3 Keterampilan & berkomunikasi 0 0 4 36 156 97.5% 0 0% 40 100%
4 Penggunaan media pembelajaran 0 1 11 28 147 91.87% 1 2.5% 39 97.5%
5 Penguasaan materi 0 0 5 35 155 96.87% 0 0% 40 100%
Jumlah
1 1 33 165 762 95.25% 2 1% 198 99%
100




0
94.37%
95.62%
97.5%
91.87%
96.87%
95.25%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 1 3 12 24 139 86.87% 4 10% 36 90%
2 Kebersihan Toilet (WC) 4 11 9 16 117 73.12% 15 37.5% 25 62.5%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 40 0 120 75% 0 0% 40 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 40 0 120 75% 0 0% 40 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 0 5 14 21 136 85% 5 12.5% 35 87.5%
6 Kenyamanan ruang praktek 1 4 15 20 134 83.75% 5 12.5% 35 87.5%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 40 0 0 80 50% 40 100% 0 0%
Jumlah
6 63 130 81 846 75.53% 69 24.64% 211 75.35%
100




0
86.87%
73.12%
75%
75%
85%
83.75%
50%
75.53%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 0 0 9 31 151 94.37% 0 0% 40 100%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 0 3 10 27 144 90% 3 7.5% 37 92.5%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 0 2 8 30 148 92.5% 2 5% 38 95%
4 Kelancaran proses asessment 0 1 10 29 148 92.5% 1 2.5% 39 97.5%
5 Kedisiplinan 0 2 10 28 146 91.25% 2 5% 38 95%
Jumlah
0 8 47 145 737 92.12% 8 4% 192 96%
100




0
94.37%
90%
92.5%
92.5%
91.25%
92.12%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 40 0 120 75% 0 0% 40 100%
2 Layanan makanan 0 0 5 35 155 96.87% 0 0% 40 100%
3 Layanan panitia kegiatan 0 0 5 35 155 96.87% 0 0% 40 100%
4 Layanan administrasi kegiatan 0 0 6 34 154 96.25% 0 0% 40 100%
5 Keramahan 0 0 3 37 157 98.12% 0 0% 40 100%
Jumlah
0 0 59 141 741 92.62% 0 0% 200 100%
100




0
75%
96.87%
96.87%
96.25%
98.12%
92.62%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 2 0 2 36 152 95% 2 5% 38 95%
2 Transparansi keuangan 0 0 4 36 156 97.5% 0 0% 40 100%
3 Bebas Pungli 2 0 4 34 150 93.75% 2 5% 38 95%
4 Bebas gratifikasi 1 0 3 36 154 96.25% 1 2.5% 39 97.5%
Jumlah
5 0 13 142 612 95.62% 5 3.125% 155 96.87%
100




0
95%
97.5%
93.75%
96.25%
95.62%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
93.5%
99%
75.35%
96%
100%
96.87%
93.45%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 93.45%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005