DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHAN IKAN ANGKATAN 12 2022

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 1 1 3 7 40 83.33% 2 16.66% 10 83.33%
2 Perlengkapan kamar tidur 1 2 2 7 39 81.25% 3 25% 9 75%
3 Kecukupan makanan 1 1 2 8 41 85.41% 2 16.66% 10 83.33%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 1 2 1 8 40 83.33% 3 25% 10 75%
5 Kelancaran penerangan Listrik 2 1 0 9 40 83.33% 3 25% 9 75%
Jumlah
6 7 8 39 200 83.33% 13 21.66% 47 78.33%
100




0
83.33%
81.25%
85.41%
83.33%
83.33%
83.33%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720006 2 0 2 8 40 83.33% 2 16.66% 10 83.33%
2 Penggunaan metode mengajar 2 0 0 10 42 87.5% 2 16.66% 10 83.33%
3 Keterampilan & berkomunikasi 1 1 0 10 43 89.58% 2 16.66% 10 83.33%
4 Penggunaan media pembelajaran 2 0 0 10 42 87.5% 2 16.66% 10 83.33%
5 Penguasaan materi 1 1 0 10 43 89.58% 2 16.66% 10 83.33%
Jumlah
8 2 2 48 210 87.5% 10 16.66% 50 83.33%
100




0
83.33%
87.5%
89.58%
87.5%
89.58%
87.5%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 0 1 2 9 44 91.66% 1 8.333% 11 91.66%
2 Kebersihan Toilet (WC) 1 1 2 8 41 85.41% 2 16.66% 10 83.33%
3 Kebersihan lingkungan kantor 1 1 0 10 43 89.58% 2 16.66% 10 83.33%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 1 2 1 8 40 83.33% 3 25% 9 75%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 1 1 2 8 41 85.41% 2 16.66% 10 83.33%
6 Kenyamanan ruang praktek 1 1 0 10 43 89.58% 2 16.66% 10 83.33%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 1 0 2 9 43 89.58% 1 8.333% 11 91.66%
Jumlah
6 7 9 62 295 87.79% 13 15.47% 71 84.52%
100




0
91.66%
85.41%
89.58%
83.33%
85.41%
89.58%
89.58%
87.79%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 1 1 3 7 40 83.33% 2 16.66% 10 83.33%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 1 1 4 6 39 81.25% 2 16.66% 10 83.33%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 1 1 2 8 41 85.41% 2 16.66% 10 83.33%
4 Kelancaran proses asessment 1 1 2 8 41 85.41% 2 16.66% 10 83.33%
5 Kedisiplinan 1 0 2 9 43 89.58% 1 8.333% 11 91.66%
Jumlah
5 4 13 38 204 85% 9 15% 51 85%
100




0
83.33%
81.25%
85.41%
85.41%
89.58%
85%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 1 0 3 8 42 87.5% 1 8.333% 11 91.66%
2 Layanan makanan 1 1 2 8 41 85.41% 2 16.66% 10 83.33%
3 Layanan panitia kegiatan 2 0 1 9 41 85.41% 2 16.66% 10 83.33%
4 Layanan administrasi kegiatan 2 0 3 7 39 81.25% 2 16.66% 10 83.33%
5 Keramahan 2 0 1 9 41 85.41% 2 16.66% 10 83.33%
Jumlah
8 1 10 41 204 85% 9 15% 51 85%
100




0
87.5%
85.41%
85.41%
81.25%
85.41%
85%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 2 0 3 7 39 81.25% 2 16.66% 10 83.33%
2 Transparansi keuangan 2 1 2 7 38 79.16% 3 25% 9 75%
3 Bebas Pungli 2 1 2 7 38 79.16% 3 25% 9 75%
4 Bebas gratifikasi 1 2 3 6 38 79.16% 3 25% 9 75%
Jumlah
7 4 10 27 153 79.68% 11 22.91% 37 77.08%
100




0
81.25%
79.16%
79.16%
79.16%
79.68%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
78.33%
83.33%
84.52%
85%
85%
77.08%
82.21%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 82.21%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005