DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHAN IKAN ANGKATAN 12 2023

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 40 0 120 75% 0 0% 40 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 40 0 120 75% 0 0% 40 100%
3 Kecukupan makanan 0 2 10 28 146 91.25% 2 5% 38 95%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 1 3 10 26 141 88.12% 4 10% 38 90%
5 Kelancaran penerangan Listrik 0 1 10 29 148 92.5% 1 2.5% 39 97.5%
Jumlah
1 6 110 83 675 84.37% 7 3.5% 193 96.5%
100




0
75%
75%
91.25%
88.12%
92.5%
84.37%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720006 0 1 8 31 150 93.75% 1 2.5% 39 97.5%
2 Penggunaan metode mengajar 0 0 10 30 150 93.75% 0 0% 40 100%
3 Keterampilan & berkomunikasi 0 0 8 32 152 95% 0 0% 40 100%
4 Penggunaan media pembelajaran 0 2 11 27 145 90.62% 2 5% 38 95%
5 Penguasaan materi 0 0 8 32 152 95% 0 0% 40 100%
Jumlah
0 3 45 152 749 93.62% 3 1.5% 197 98.5%
100




0
93.75%
93.75%
95%
90.62%
95%
93.62%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 1 2 12 25 141 88.12% 3 7.5% 37 92.5%
2 Kebersihan Toilet (WC) 1 7 22 10 121 75.62% 8 20% 32 80%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 40 0 120 75% 0 0% 40 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 40 0 120 75% 0 0% 40 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 2 15 15 8 109 68.12% 17 42.5% 23 57.5%
6 Kenyamanan ruang praktek 1 7 21 11 122 76.25% 8 20% 32 80%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 40 0 0 80 50% 40 100% 0 0%
Jumlah
5 71 150 54 813 72.58% 76 27.14% 204 72.85%
100




0
88.12%
75.62%
75%
75%
68.12%
76.25%
50%
72.58%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 0 2 12 26 144 90% 2 5% 38 95%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 1 12 14 13 119 74.37% 13 32.5% 27 67.5%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 1 1 13 25 142 88.75% 2 5% 38 95%
4 Kelancaran proses asessment 0 3 9 28 145 90.62% 3 7.5% 37 92.5%
5 Kedisiplinan 0 2 16 22 140 87.5% 2 5% 38 95%
Jumlah
2 20 64 114 690 86.25% 22 11% 178 89%
100




0
90%
74.37%
88.75%
90.62%
87.5%
86.25%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 40 0 120 75% 0 0% 40 100%
2 Layanan makanan 1 0 10 29 147 91.87% 1 2.5% 39 97.5%
3 Layanan panitia kegiatan 0 0 12 28 148 92.5% 0 0% 40 100%
4 Layanan administrasi kegiatan 0 1 11 28 147 91.87% 1 2.5% 39 97.5%
5 Keramahan 0 1 9 30 149 93.12% 1 2.5% 39 97.5%
Jumlah
1 2 82 115 711 88.87% 3 1.5% 197 98.5%
100




0
75%
91.87%
92.5%
91.87%
93.12%
88.87%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 1 1 4 34 151 94.37% 2 5% 38 95%
2 Transparansi keuangan 1 1 4 34 151 94.37% 2 5% 38 95%
3 Bebas Pungli 1 1 4 34 151 94.37% 2 5% 38 95%
4 Bebas gratifikasi 1 1 4 34 151 94.37% 2 5% 38 95%
Jumlah
4 4 16 136 604 94.37% 8 5% 152 95%
100




0
94.37%
94.37%
94.37%
94.37%
94.37%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
96.5%
98.5%
72.85%
89%
98.5%
95%
91.72%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 91.72%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005