DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHAN IKAN ANGKATAN 13 2023

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 34 0 102 75% 0 0% 34 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 34 0 102 75% 0 0% 34 100%
3 Kecukupan makanan 0 0 4 30 132 97.05% 0 0% 34 100%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 3 4 10 17 109 80.14% 7 20.58% 34 79.41%
5 Kelancaran penerangan Listrik 0 1 4 29 130 95.58% 1 2.941% 33 97.05%
Jumlah
3 5 86 76 575 84.55% 8 4.705% 162 95.29%
100




0
75%
75%
97.05%
80.14%
95.58%
84.55%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720006 0 0 7 27 129 94.85% 0 0% 34 100%
2 Penggunaan metode mengajar 1 0 8 25 125 91.91% 1 2.941% 33 97.05%
3 Keterampilan & berkomunikasi 1 0 4 29 129 94.85% 1 2.941% 33 97.05%
4 Penggunaan media pembelajaran 1 0 9 24 124 91.17% 1 2.941% 33 97.05%
5 Penguasaan materi 1 0 11 22 122 89.70% 1 2.941% 33 97.05%
Jumlah
4 0 39 127 629 92.5% 4 2.352% 166 97.64%
100




0
94.85%
91.91%
94.85%
91.17%
89.70%
92.5%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 0 0 9 25 127 93.38% 0 0% 34 100%
2 Kebersihan Toilet (WC) 0 2 12 20 120 88.23% 2 5.882% 32 94.11%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 34 0 102 75% 0 0% 34 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 34 0 102 75% 0 0% 34 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 1 1 7 25 124 91.17% 2 5.882% 32 94.11%
6 Kenyamanan ruang praktek 1 0 7 26 126 92.64% 1 2.941% 33 97.05%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 34 0 0 68 50% 34 100% 0 0%
Jumlah
2 37 103 96 769 80.77% 39 16.38% 199 83.61%
100




0
93.38%
88.23%
75%
75%
91.17%
92.64%
50%
80.77%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 0 0 8 26 128 94.11% 0 0% 34 100%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 0 0 10 24 126 92.64% 0 0% 34 100%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 1 0 10 23 123 90.44% 1 2.941% 33 97.05%
4 Kelancaran proses asessment 1 1 8 24 123 90.44% 2 5.882% 32 94.11%
5 Kedisiplinan 0 1 11 22 123 90.44% 1 2.941% 33 97.05%
Jumlah
2 2 47 119 623 91.61% 4 2.352% 166 97.64%
100




0
94.11%
92.64%
90.44%
90.44%
90.44%
91.61%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 34 0 102 75% 0 0% 34 100%
2 Layanan makanan 1 0 4 29 129 94.85% 1 2.941% 33 97.05%
3 Layanan panitia kegiatan 1 0 5 28 128 94.11% 1 2.941% 33 97.05%
4 Layanan administrasi kegiatan 1 0 7 26 126 92.64% 1 2.941% 33 97.05%
5 Keramahan 1 0 5 28 128 94.11% 1 2.941% 33 97.05%
Jumlah
4 0 55 111 613 90.14% 4 2.352% 166 97.64%
100




0
75%
94.85%
94.11%
92.64%
94.11%
90.14%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 5 0 2 27 119 87.5% 5 14.70% 29 85.29%
2 Transparansi keuangan 2 0 8 24 122 89.70% 2 5.882% 32 94.11%
3 Bebas Pungli 6 0 8 20 110 80.88% 6 17.64% 28 82.35%
4 Bebas gratifikasi 5 0 8 21 113 83.08% 5 14.70% 29 85.29%
Jumlah
18 0 26 92 464 85.29% 18 13.23% 118 86.76%
100




0
87.5%
89.70%
80.88%
83.08%
85.29%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
95.29%
97.64%
83.61%
97.64%
97.64%
86.76%
93.10%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 93.10%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005