DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHAN IKAN ANGKATAN 15 2024

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 47 0 141 75% 0 0% 47 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 47 0 141 75% 0 0% 47 100%
3 Kecukupan makanan 0 0 2 45 186 98.93% 0 0% 47 100%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 0 0 1 46 187 99.46% 0 0% 47 100%
5 Kelancaran penerangan Listrik 0 0 3 44 185 98.40% 0 0% 47 100%
Jumlah
0 0 100 135 840 89.36% 0 0% 235 100%
100




0
75%
75%
98.93%
99.46%
98.40%
89.36%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720006 0 0 4 43 184 97.87% 0 0% 47 100%
2 Penggunaan metode mengajar 0 0 3 44 185 98.40% 0 0% 47 100%
3 Keterampilan & berkomunikasi 0 0 0 47 188 100% 0 0% 47 100%
4 Penggunaan media pembelajaran 0 0 3 44 185 98.40% 0 0% 47 100%
5 Penguasaan materi 0 0 1 46 187 99.46% 0 0% 47 100%
Jumlah
0 0 11 224 929 98.82% 0 0% 235 100%
100




0
97.87%
98.40%
100%
98.40%
99.46%
98.82%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 0 3 9 35 173 92.02% 3 6.382% 44 93.61%
2 Kebersihan Toilet (WC) 0 1 6 40 180 95.74% 1 2.127% 46 97.87%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 47 0 141 75% 0 0% 47 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 47 0 141 75% 0 0% 47 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 0 0 2 45 186 98.93% 0 0% 47 100%
6 Kenyamanan ruang praktek 0 4 6 37 174 92.55% 4 8.510% 43 91.48%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 47 0 0 94 50% 47 100% 0 0%
Jumlah
0 55 117 157 1089 82.75% 55 16.71% 274 83.28%
100




0
92.02%
95.74%
75%
75%
98.93%
92.55%
50%
82.75%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 0 0 2 45 186 98.93% 0 0% 47 100%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 0 0 2 45 186 98.93% 0 0% 47 100%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 0 0 4 43 184 97.87% 0 0% 47 100%
4 Kelancaran proses asessment 0 0 2 45 186 98.93% 0 0% 47 100%
5 Kedisiplinan 0 0 1 46 187 99.46% 0 0% 47 100%
Jumlah
0 0 11 224 929 98.82% 0 0% 235 100%
100




0
98.93%
98.93%
97.87%
98.93%
99.46%
98.82%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 47 0 141 75% 0 0% 47 100%
2 Layanan makanan 0 0 1 46 187 99.46% 0 0% 47 100%
3 Layanan panitia kegiatan 0 0 1 46 187 99.46% 0 0% 47 100%
4 Layanan administrasi kegiatan 0 0 1 46 187 99.46% 0 0% 47 100%
5 Keramahan 0 0 0 47 188 100% 0 0% 47 100%
Jumlah
0 0 50 185 890 94.68% 0 0% 235 100%
100




0
75%
99.46%
99.46%
99.46%
100%
94.68%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 1 0 1 45 184 97.87% 1 2.127% 46 97.87%
2 Transparansi keuangan 1 0 1 45 184 97.87% 1 2.127% 46 97.87%
3 Bebas Pungli 1 0 2 44 183 97.34% 1 2.127% 46 97.87%
4 Bebas gratifikasi 1 0 1 45 184 97.87% 1 2.127% 46 97.87%
Jumlah
4 0 5 179 735 97.73% 4 2.127% 184 97.87%
100




0
97.87%
97.87%
97.34%
97.87%
97.73%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
100%
100%
83.28%
100%
100%
97.87%
96.85%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 96.85%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005