DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHAN IKAN ANGKATAN 16 2023

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 34 0 102 75% 0 0% 34 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 34 0 102 75% 0 0% 34 100%
3 Kecukupan makanan 0 3 9 22 121 88.97% 3 8.823% 31 91.17%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 4 13 12 5 86 63.23% 17 50% 31 50%
5 Kelancaran penerangan Listrik 0 1 8 25 126 92.64% 1 2.941% 33 97.05%
Jumlah
4 17 97 52 537 78.97% 21 12.35% 149 87.64%
100




0
75%
75%
88.97%
63.23%
92.64%
78.97%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720006 0 2 9 23 123 90.44% 2 5.882% 32 94.11%
2 Penggunaan metode mengajar 0 2 13 19 119 87.5% 2 5.882% 32 94.11%
3 Keterampilan & berkomunikasi 0 0 8 26 128 94.11% 0 0% 34 100%
4 Penggunaan media pembelajaran 0 2 14 18 118 86.76% 2 5.882% 32 94.11%
5 Penguasaan materi 0 2 7 25 125 91.91% 2 5.882% 32 94.11%
Jumlah
0 8 51 111 613 90.14% 8 4.705% 162 95.29%
100




0
90.44%
87.5%
94.11%
86.76%
91.91%
90.14%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 1 7 9 17 110 80.88% 8 23.52% 26 76.47%
2 Kebersihan Toilet (WC) 8 13 7 6 79 58.08% 21 61.76% 13 38.23%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 34 0 102 75% 0 0% 34 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 34 0 102 75% 0 0% 34 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 0 6 17 11 107 78.67% 6 17.64% 28 82.35%
6 Kenyamanan ruang praktek 0 9 10 15 108 79.41% 9 26.47% 25 73.52%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 34 0 0 68 50% 34 100% 0 0%
Jumlah
9 69 111 49 676 71.00% 78 32.77% 160 67.22%
100




0
80.88%
58.08%
75%
75%
78.67%
79.41%
50%
71.00%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 0 0 13 21 123 90.44% 0 0% 34 100%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 0 4 16 14 112 82.35% 4 11.76% 30 88.23%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 0 1 12 21 122 89.70% 1 2.941% 33 97.05%
4 Kelancaran proses asessment 0 0 12 22 124 91.17% 0 0% 34 100%
5 Kedisiplinan 0 6 12 16 112 82.35% 6 17.64% 28 82.35%
Jumlah
0 11 65 94 593 87.20% 11 6.470% 159 93.52%
100




0
90.44%
82.35%
89.70%
91.17%
82.35%
87.20%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 34 0 102 75% 0 0% 34 100%
2 Layanan makanan 0 3 9 22 121 88.97% 3 8.823% 31 91.17%
3 Layanan panitia kegiatan 0 0 5 29 131 96.32% 0 0% 34 100%
4 Layanan administrasi kegiatan 0 1 11 22 123 90.44% 1 2.941% 33 97.05%
5 Keramahan 0 0 5 29 131 96.32% 0 0% 34 100%
Jumlah
0 4 64 102 608 89.41% 4 2.352% 166 97.64%
100




0
75%
88.97%
96.32%
90.44%
96.32%
89.41%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 0 2 6 26 126 92.64% 2 5.882% 32 94.11%
2 Transparansi keuangan 0 1 12 21 122 89.70% 1 2.941% 33 97.05%
3 Bebas Pungli 0 0 11 23 125 91.91% 0 0% 34 100%
4 Bebas gratifikasi 0 1 9 24 125 91.91% 1 2.941% 33 97.05%
Jumlah
0 4 38 94 498 91.54% 4 2.941% 132 97.05%
100




0
92.64%
89.70%
91.91%
91.91%
91.54%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
87.64%
95.29%
67.22%
93.52%
97.64%
97.05%
89.73%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 89.73%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005