DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHAN IKAN ANGKATAN 16 2024

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 48 0 144 75% 0 0% 48 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 48 0 144 75% 0 0% 48 100%
3 Kecukupan makanan 0 0 7 41 185 96.35% 0 0% 48 100%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 0 1 8 39 182 94.79% 1 2.083% 48 97.91%
5 Kelancaran penerangan Listrik 0 1 9 38 181 94.27% 1 2.083% 47 97.91%
Jumlah
0 2 120 118 836 87.08% 2 0.833% 238 99.16%
100




0
75%
75%
96.35%
94.79%
94.27%
87.08%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720006 0 0 3 45 189 98.43% 0 0% 48 100%
2 Penggunaan metode mengajar 0 0 1 47 191 99.47% 0 0% 48 100%
3 Keterampilan & berkomunikasi 0 0 1 47 191 99.47% 0 0% 48 100%
4 Penggunaan media pembelajaran 0 0 5 43 187 97.39% 0 0% 48 100%
5 Penguasaan materi 0 0 6 42 186 96.87% 0 0% 48 100%
Jumlah
0 0 16 224 944 98.33% 0 0% 240 100%
100




0
98.43%
99.47%
99.47%
97.39%
96.87%
98.33%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 1 2 5 40 180 93.75% 3 6.25% 45 93.75%
2 Kebersihan Toilet (WC) 2 9 8 29 160 83.33% 11 22.91% 37 77.08%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 48 0 144 75% 0 0% 48 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 48 0 144 75% 0 0% 48 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 0 6 8 34 172 89.58% 6 12.5% 42 87.5%
6 Kenyamanan ruang praktek 0 3 13 32 173 90.10% 3 6.25% 45 93.75%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 48 0 0 96 50% 48 100% 0 0%
Jumlah
3 68 130 135 1069 79.53% 71 21.13% 265 78.86%
100




0
93.75%
83.33%
75%
75%
89.58%
90.10%
50%
79.53%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 0 0 6 42 186 96.87% 0 0% 48 100%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 0 2 9 37 179 93.22% 2 4.166% 46 95.83%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 0 0 6 42 186 96.87% 0 0% 48 100%
4 Kelancaran proses asessment 0 0 3 45 189 98.43% 0 0% 48 100%
5 Kedisiplinan 0 0 6 42 186 96.87% 0 0% 48 100%
Jumlah
0 2 30 208 926 96.45% 2 0.833% 238 99.16%
100




0
96.87%
93.22%
96.87%
98.43%
96.87%
96.45%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 48 0 144 75% 0 0% 48 100%
2 Layanan makanan 0 0 4 44 188 97.91% 0 0% 48 100%
3 Layanan panitia kegiatan 1 0 5 42 184 95.83% 1 2.083% 47 97.91%
4 Layanan administrasi kegiatan 0 0 4 44 188 97.91% 0 0% 48 100%
5 Keramahan 0 0 3 45 189 98.43% 0 0% 48 100%
Jumlah
1 0 64 175 893 93.02% 1 0.416% 239 99.58%
100




0
75%
97.91%
95.83%
97.91%
98.43%
93.02%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 2 1 4 41 180 93.75% 3 6.25% 45 93.75%
2 Transparansi keuangan 0 1 5 42 185 96.35% 1 2.083% 47 97.91%
3 Bebas Pungli 0 0 6 42 186 96.87% 0 0% 48 100%
4 Bebas gratifikasi 0 1 4 43 186 96.87% 1 2.083% 47 97.91%
Jumlah
2 3 19 168 737 95.96% 5 2.604% 187 97.39%
100




0
93.75%
96.35%
96.87%
96.87%
95.96%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
99.16%
100%
78.86%
99.16%
99.58%
97.39%
95.69%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 95.69%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005