DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHAN IKAN ANGKATAN 17 2023

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 30 0 90 75% 0 0% 30 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 30 0 90 75% 0 0% 30 100%
3 Kecukupan makanan 0 0 7 23 113 94.16% 0 0% 30 100%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 0 3 9 18 105 87.5% 3 10% 30 90%
5 Kelancaran penerangan Listrik 0 1 10 19 108 90% 1 3.333% 29 96.66%
Jumlah
0 4 86 60 506 84.33% 4 2.666% 146 97.33%
100




0
75%
75%
94.16%
87.5%
90%
84.33%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720006 0 0 9 21 111 92.5% 0 0% 30 100%
2 Penggunaan metode mengajar 0 0 8 22 112 93.33% 0 0% 30 100%
3 Keterampilan & berkomunikasi 0 0 7 23 113 94.16% 0 0% 30 100%
4 Penggunaan media pembelajaran 0 0 7 23 113 94.16% 0 0% 30 100%
5 Penguasaan materi 0 1 9 20 109 90.83% 1 3.333% 29 96.66%
Jumlah
0 1 40 109 558 93% 1 0.666% 149 99.33%
100




0
92.5%
93.33%
94.16%
94.16%
90.83%
93%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 0 2 8 20 108 90% 2 6.666% 28 93.33%
2 Kebersihan Toilet (WC) 0 2 10 18 106 88.33% 2 6.666% 28 93.33%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 30 0 90 75% 0 0% 30 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 30 0 90 75% 0 0% 30 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 0 4 12 14 100 83.33% 4 13.33% 26 86.66%
6 Kenyamanan ruang praktek 0 4 10 16 102 85% 4 13.33% 26 86.66%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 30 0 0 60 50% 30 100% 0 0%
Jumlah
0 42 100 68 656 78.09% 42 20% 168 80%
100




0
90%
88.33%
75%
75%
83.33%
85%
50%
78.09%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 0 0 6 24 114 95% 0 0% 30 100%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 0 1 12 17 106 88.33% 1 3.333% 29 96.66%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 0 0 9 21 111 92.5% 0 0% 30 100%
4 Kelancaran proses asessment 0 0 7 23 113 94.16% 0 0% 30 100%
5 Kedisiplinan 0 0 10 20 110 91.66% 0 0% 30 100%
Jumlah
0 1 44 105 554 92.33% 1 0.666% 149 99.33%
100




0
95%
88.33%
92.5%
94.16%
91.66%
92.33%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 30 0 90 75% 0 0% 30 100%
2 Layanan makanan 0 0 9 21 111 92.5% 0 0% 30 100%
3 Layanan panitia kegiatan 0 0 8 22 112 93.33% 0 0% 30 100%
4 Layanan administrasi kegiatan 0 0 9 21 111 92.5% 0 0% 30 100%
5 Keramahan 0 0 7 23 113 94.16% 0 0% 30 100%
Jumlah
0 0 63 87 537 89.5% 0 0% 150 100%
100




0
75%
92.5%
93.33%
92.5%
94.16%
89.5%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 0 0 7 23 113 94.16% 0 0% 30 100%
2 Transparansi keuangan 0 0 8 22 112 93.33% 0 0% 30 100%
3 Bebas Pungli 0 0 8 22 112 93.33% 0 0% 30 100%
4 Bebas gratifikasi 0 0 7 23 113 94.16% 0 0% 30 100%
Jumlah
0 0 30 90 450 93.75% 0 0% 120 100%
100




0
94.16%
93.33%
93.33%
94.16%
93.75%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
97.33%
99.33%
80%
99.33%
100%
100%
96%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 96%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005