DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHAN IKAN ANGKATAN 17 2024

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 37 0 111 75% 0 0% 37 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 37 0 111 75% 0 0% 37 100%
3 Kecukupan makanan 0 0 7 30 141 95.27% 0 0% 37 100%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 0 0 13 24 135 91.21% 0 0% 37 100%
5 Kelancaran penerangan Listrik 0 0 10 27 138 93.24% 0 0% 37 100%
Jumlah
0 0 104 81 636 85.94% 0 0% 185 100%
100




0
75%
75%
95.27%
91.21%
93.24%
85.94%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720006 0 0 7 30 141 95.27% 0 0% 37 100%
2 Penggunaan metode mengajar 0 0 5 32 143 96.62% 0 0% 37 100%
3 Keterampilan & berkomunikasi 0 0 5 32 143 96.62% 0 0% 37 100%
4 Penggunaan media pembelajaran 0 0 7 30 141 95.27% 0 0% 37 100%
5 Penguasaan materi 0 0 4 33 144 97.29% 0 0% 37 100%
Jumlah
0 0 28 157 712 96.21% 0 0% 185 100%
100




0
95.27%
96.62%
96.62%
95.27%
97.29%
96.21%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 0 1 8 28 138 93.24% 1 2.702% 36 97.29%
2 Kebersihan Toilet (WC) 1 3 11 22 128 86.48% 4 10.81% 33 89.18%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 37 0 111 75% 0 0% 37 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 37 0 111 75% 0 0% 37 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 0 1 6 30 140 94.59% 1 2.702% 36 97.29%
6 Kenyamanan ruang praktek 0 1 14 22 132 89.18% 1 2.702% 36 97.29%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 37 0 0 74 50% 37 100% 0 0%
Jumlah
1 43 113 102 834 80.50% 44 16.98% 215 83.01%
100




0
93.24%
86.48%
75%
75%
94.59%
89.18%
50%
80.50%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 0 1 7 29 139 93.91% 1 2.702% 36 97.29%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 0 1 7 29 139 93.91% 1 2.702% 36 97.29%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 0 0 6 31 142 95.94% 0 0% 37 100%
4 Kelancaran proses asessment 0 0 8 29 140 94.59% 0 0% 37 100%
5 Kedisiplinan 0 0 8 29 140 94.59% 0 0% 37 100%
Jumlah
0 2 36 147 700 94.59% 2 1.081% 183 98.91%
100




0
93.91%
93.91%
95.94%
94.59%
94.59%
94.59%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 37 0 111 75% 0 0% 37 100%
2 Layanan makanan 0 0 5 32 143 96.62% 0 0% 37 100%
3 Layanan panitia kegiatan 0 0 6 31 142 95.94% 0 0% 37 100%
4 Layanan administrasi kegiatan 0 0 7 30 141 95.27% 0 0% 37 100%
5 Keramahan 0 0 3 34 145 97.97% 0 0% 37 100%
Jumlah
0 0 58 127 682 92.16% 0 0% 185 100%
100




0
75%
96.62%
95.94%
95.27%
97.97%
92.16%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 0 3 7 27 135 91.21% 3 8.108% 34 91.89%
2 Transparansi keuangan 0 3 5 29 137 92.56% 3 8.108% 34 91.89%
3 Bebas Pungli 0 3 8 26 134 90.54% 3 8.108% 34 91.89%
4 Bebas gratifikasi 0 3 7 27 135 91.21% 3 8.108% 34 91.89%
Jumlah
0 12 27 109 541 91.38% 12 8.108% 136 91.89%
100




0
91.21%
92.56%
90.54%
91.21%
91.38%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
100%
100%
83.01%
98.91%
100%
91.89%
95.63%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 95.63%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005