DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHAN IKAN ANGKATAN 18 2023

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 41 0 123 75% 0 0% 41 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 41 0 123 75% 0 0% 41 100%
3 Kecukupan makanan 0 0 16 25 148 90.24% 0 0% 41 100%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 0 2 21 18 139 84.75% 2 4.878% 41 95.12%
5 Kelancaran penerangan Listrik 0 1 13 27 149 90.85% 1 2.439% 40 97.56%
Jumlah
0 3 132 70 682 83.17% 3 1.463% 202 98.53%
100




0
75%
75%
90.24%
84.75%
90.85%
83.17%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720006 0 0 14 27 150 91.46% 0 0% 41 100%
2 Penggunaan metode mengajar 0 2 18 21 142 86.58% 2 4.878% 39 95.12%
3 Keterampilan & berkomunikasi 0 0 16 25 148 90.24% 0 0% 41 100%
4 Penggunaan media pembelajaran 0 3 17 21 141 85.97% 3 7.317% 38 92.68%
5 Penguasaan materi 0 3 18 20 140 85.36% 3 7.317% 38 92.68%
Jumlah
0 8 83 114 721 87.92% 8 3.902% 197 96.09%
100




0
91.46%
86.58%
90.24%
85.97%
85.36%
87.92%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 0 2 18 21 142 86.58% 2 4.878% 39 95.12%
2 Kebersihan Toilet (WC) 1 8 20 12 125 76.21% 9 21.95% 32 78.04%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 41 0 123 75% 0 0% 41 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 41 0 123 75% 0 0% 41 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 1 6 20 14 129 78.65% 7 17.07% 34 82.92%
6 Kenyamanan ruang praktek 0 6 18 17 134 81.70% 6 14.63% 35 85.36%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 41 0 0 82 50% 41 100% 0 0%
Jumlah
2 63 158 64 858 74.73% 65 22.64% 222 77.35%
100




0
86.58%
76.21%
75%
75%
78.65%
81.70%
50%
74.73%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 0 1 17 23 145 88.41% 1 2.439% 40 97.56%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 0 6 17 18 135 82.31% 6 14.63% 35 85.36%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 0 2 20 19 140 85.36% 2 4.878% 39 95.12%
4 Kelancaran proses asessment 0 1 19 21 143 87.19% 1 2.439% 40 97.56%
5 Kedisiplinan 0 3 21 17 137 83.53% 3 7.317% 38 92.68%
Jumlah
0 13 94 98 700 85.36% 13 6.341% 192 93.65%
100




0
88.41%
82.31%
85.36%
87.19%
83.53%
85.36%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 41 0 123 75% 0 0% 41 100%
2 Layanan makanan 0 0 18 23 146 89.02% 0 0% 41 100%
3 Layanan panitia kegiatan 0 0 18 23 146 89.02% 0 0% 41 100%
4 Layanan administrasi kegiatan 0 1 18 22 144 87.80% 1 2.439% 40 97.56%
5 Keramahan 0 0 12 29 152 92.68% 0 0% 41 100%
Jumlah
0 1 107 97 711 86.70% 1 0.487% 204 99.51%
100




0
75%
89.02%
89.02%
87.80%
92.68%
86.70%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 0 1 11 29 151 92.07% 1 2.439% 40 97.56%
2 Transparansi keuangan 0 0 11 30 153 93.29% 0 0% 41 100%
3 Bebas Pungli 0 0 11 30 153 93.29% 0 0% 41 100%
4 Bebas gratifikasi 0 0 11 30 153 93.29% 0 0% 41 100%
Jumlah
0 1 44 119 610 92.98% 1 0.609% 163 99.39%
100




0
92.07%
93.29%
93.29%
93.29%
92.98%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
98.53%
96.09%
77.35%
93.65%
99.51%
99.39%
94.09%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 94.09%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005