DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHAN IKAN ANGKATAN 19 2023

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 42 0 126 75% 0 0% 42 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 42 0 126 75% 0 0% 42 100%
3 Kecukupan makanan 1 0 13 28 152 90.47% 1 2.380% 41 97.61%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 0 8 15 19 137 81.54% 8 19.04% 41 80.95%
5 Kelancaran penerangan Listrik 0 6 15 21 141 83.92% 6 14.28% 36 85.71%
Jumlah
1 14 127 68 682 81.19% 15 7.142% 195 92.85%
100




0
75%
75%
90.47%
81.54%
83.92%
81.19%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720006 0 0 17 25 151 89.88% 0 0% 42 100%
2 Penggunaan metode mengajar 0 1 16 25 150 89.28% 1 2.380% 41 97.61%
3 Keterampilan & berkomunikasi 0 0 11 31 157 93.45% 0 0% 42 100%
4 Penggunaan media pembelajaran 0 0 16 26 152 90.47% 0 0% 42 100%
5 Penguasaan materi 0 1 16 25 150 89.28% 1 2.380% 41 97.61%
Jumlah
0 2 76 132 760 90.47% 2 0.952% 208 99.04%
100




0
89.88%
89.28%
93.45%
90.47%
89.28%
90.47%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 0 1 20 21 146 86.90% 1 2.380% 41 97.61%
2 Kebersihan Toilet (WC) 0 8 21 13 131 77.97% 8 19.04% 34 80.95%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 42 0 126 75% 0 0% 42 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 42 0 126 75% 0 0% 42 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 1 1 26 14 137 81.54% 2 4.761% 40 95.23%
6 Kenyamanan ruang praktek 0 2 25 15 139 82.73% 2 4.761% 40 95.23%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 42 0 0 84 50% 42 100% 0 0%
Jumlah
1 54 176 63 889 75.59% 55 18.70% 239 81.29%
100




0
86.90%
77.97%
75%
75%
81.54%
82.73%
50%
75.59%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 0 0 12 30 156 92.85% 0 0% 42 100%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 0 1 22 19 144 85.71% 1 2.380% 41 97.61%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 1 3 21 17 138 82.14% 4 9.523% 38 90.47%
4 Kelancaran proses asessment 0 1 22 19 144 85.71% 1 2.380% 41 97.61%
5 Kedisiplinan 0 1 21 20 145 86.30% 1 2.380% 41 97.61%
Jumlah
1 6 98 105 727 86.54% 7 3.333% 203 96.66%
100




0
92.85%
85.71%
82.14%
85.71%
86.30%
86.54%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 42 0 126 75% 0 0% 42 100%
2 Layanan makanan 0 4 14 24 146 86.90% 4 9.523% 38 90.47%
3 Layanan panitia kegiatan 0 0 15 27 153 91.07% 0 0% 42 100%
4 Layanan administrasi kegiatan 0 0 19 23 149 88.69% 0 0% 42 100%
5 Keramahan 0 0 11 31 157 93.45% 0 0% 42 100%
Jumlah
0 4 101 105 731 87.02% 4 1.904% 206 98.09%
100




0
75%
86.90%
91.07%
88.69%
93.45%
87.02%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 1 1 16 24 147 87.5% 2 4.761% 40 95.23%
2 Transparansi keuangan 1 3 17 21 142 84.52% 4 9.523% 38 90.47%
3 Bebas Pungli 1 1 17 23 146 86.90% 2 4.761% 40 95.23%
4 Bebas gratifikasi 1 1 19 21 144 85.71% 2 4.761% 40 95.23%
Jumlah
4 6 69 89 579 86.16% 10 5.952% 158 94.04%
100




0
87.5%
84.52%
86.90%
85.71%
86.16%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
92.85%
99.04%
81.29%
96.66%
98.09%
94.04%
93.66%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 93.66%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005