DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHAN IKAN ANGKATAN 2 2022

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 10 4 28 26 206 75.73% 14 20.58% 54 79.41%
2 Perlengkapan kamar tidur 11 4 26 27 205 75.36% 15 22.05% 53 77.94%
3 Kecukupan makanan 7 2 13 46 234 86.02% 9 13.23% 59 86.76%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 8 4 15 41 225 82.72% 12 17.64% 59 82.35%
5 Kelancaran penerangan Listrik 6 5 19 38 225 82.72% 11 16.17% 57 83.82%
Jumlah
42 19 101 178 1095 80.51% 61 17.94% 279 82.05%
100




0
75.73%
75.36%
86.02%
82.72%
82.72%
80.51%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720006 3 2 20 43 239 87.86% 5 7.352% 63 92.64%
2 Penggunaan metode mengajar 2 2 17 47 245 90.07% 4 5.882% 64 94.11%
3 Keterampilan & berkomunikasi 1 4 15 48 246 90.44% 5 7.352% 63 92.64%
4 Penggunaan media pembelajaran 3 2 15 48 244 89.70% 5 7.352% 63 92.64%
5 Penguasaan materi 1 3 19 45 244 89.70% 4 5.882% 64 94.11%
Jumlah
10 13 86 231 1218 89.55% 23 6.764% 317 93.23%
100




0
87.86%
90.07%
90.44%
89.70%
89.70%
89.55%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 2 4 26 36 232 85.29% 6 8.823% 62 91.17%
2 Kebersihan Toilet (WC) 2 6 28 32 226 83.08% 8 11.76% 60 88.23%
3 Kebersihan lingkungan kantor 2 6 25 35 229 84.19% 8 11.76% 60 88.23%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 9 8 22 29 207 76.10% 17 25% 51 75%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 1 7 24 36 231 84.92% 8 11.76% 60 88.23%
6 Kenyamanan ruang praktek 2 3 25 38 235 86.39% 5 7.352% 63 92.64%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 4 4 21 39 231 84.92% 8 11.76% 60 88.23%
Jumlah
22 38 171 245 1591 83.56% 60 12.60% 416 87.39%
100




0
85.29%
83.08%
84.19%
76.10%
84.92%
86.39%
84.92%
83.56%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 3 2 18 45 241 88.60% 5 7.352% 63 92.64%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 2 3 23 40 237 87.13% 5 7.352% 63 92.64%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 1 3 19 45 244 89.70% 4 5.882% 64 94.11%
4 Kelancaran proses asessment 3 2 23 40 236 86.76% 5 7.352% 63 92.64%
5 Kedisiplinan 4 1 20 43 238 87.5% 5 7.352% 63 92.64%
Jumlah
13 11 103 213 1196 87.94% 24 7.058% 316 92.94%
100




0
88.60%
87.13%
89.70%
86.76%
87.5%
87.94%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 3 5 31 29 222 81.61% 8 11.76% 60 88.23%
2 Layanan makanan 2 2 16 48 246 90.44% 4 5.882% 64 94.11%
3 Layanan panitia kegiatan 4 1 16 47 242 88.97% 5 7.352% 63 92.64%
4 Layanan administrasi kegiatan 2 3 19 44 241 88.60% 5 7.352% 63 92.64%
5 Keramahan 3 3 14 48 243 89.33% 6 8.823% 62 91.17%
Jumlah
14 14 96 216 1194 87.79% 28 8.235% 312 91.76%
100




0
81.61%
90.44%
88.97%
88.60%
89.33%
87.79%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 4 1 18 45 240 88.23% 5 7.352% 63 92.64%
2 Transparansi keuangan 3 3 19 43 238 87.5% 6 8.823% 62 91.17%
3 Bebas Pungli 3 2 18 45 241 88.60% 5 7.352% 63 92.64%
4 Bebas gratifikasi 3 1 21 43 240 88.23% 4 5.882% 64 94.11%
Jumlah
13 7 76 176 959 88.14% 20 7.352% 252 92.64%
100




0
88.23%
87.5%
88.60%
88.23%
88.14%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
82.05%
93.23%
87.39%
92.94%
91.76%
92.64%
90.00%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 90.00%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005