DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHAN IKAN ANGKATAN 2 2023

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 33 0 99 75% 0 0% 33 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 33 0 99 75% 0 0% 33 100%
3 Kecukupan makanan 6 0 14 13 100 75.75% 6 18.18% 27 81.81%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 2 9 17 5 91 68.93% 11 33.33% 27 66.66%
5 Kelancaran penerangan Listrik 5 2 18 8 95 71.96% 7 21.21% 26 78.78%
Jumlah
13 11 115 26 484 73.33% 24 14.54% 141 85.45%
100




0
75%
75%
75.75%
68.93%
71.96%
73.33%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720006 3 1 15 14 106 80.30% 4 12.12% 29 87.87%
2 Penggunaan metode mengajar 6 0 11 16 103 78.03% 6 18.18% 27 81.81%
3 Keterampilan & berkomunikasi 3 3 11 16 106 80.30% 6 18.18% 27 81.81%
4 Penggunaan media pembelajaran 3 1 13 16 108 81.81% 4 12.12% 29 87.87%
5 Penguasaan materi 3 2 11 17 108 81.81% 5 15.15% 28 84.84%
Jumlah
18 7 61 79 531 80.45% 25 15.15% 140 84.84%
100




0
80.30%
78.03%
80.30%
81.81%
81.81%
80.45%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 6 0 20 7 94 71.21% 6 18.18% 27 81.81%
2 Kebersihan Toilet (WC) 4 3 21 5 93 70.45% 7 21.21% 26 78.78%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 33 0 99 75% 0 0% 33 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 33 0 99 75% 0 0% 33 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 6 3 16 8 92 69.69% 9 27.27% 24 72.72%
6 Kenyamanan ruang praktek 5 2 20 6 93 70.45% 7 21.21% 26 78.78%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 1 32 0 98 74.24% 1 3.030% 32 96.96%
Jumlah
21 9 175 26 668 72.29% 30 12.98% 201 87.01%
100




0
71.21%
70.45%
75%
75%
69.69%
70.45%
74.24%
72.29%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 6 0 13 14 101 76.51% 6 18.18% 27 81.81%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 3 4 15 11 100 75.75% 7 21.21% 26 78.78%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 5 1 12 15 103 78.03% 6 18.18% 27 81.81%
4 Kelancaran proses asessment 4 3 17 9 97 73.48% 7 21.21% 26 78.78%
5 Kedisiplinan 5 3 11 14 100 75.75% 8 24.24% 25 75.75%
Jumlah
23 11 68 63 501 75.90% 34 20.60% 131 79.39%
100




0
76.51%
75.75%
78.03%
73.48%
75.75%
75.90%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 33 0 99 75% 0 0% 33 100%
2 Layanan makanan 6 0 14 13 100 75.75% 6 18.18% 27 81.81%
3 Layanan panitia kegiatan 2 4 12 15 106 80.30% 6 18.18% 27 81.81%
4 Layanan administrasi kegiatan 5 2 10 16 103 78.03% 7 21.21% 26 78.78%
5 Keramahan 5 3 9 16 102 77.27% 8 24.24% 25 75.75%
Jumlah
18 9 78 60 510 77.27% 27 16.36% 138 83.63%
100




0
75%
75.75%
80.30%
78.03%
77.27%
77.27%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 5 1 18 9 97 73.48% 6 18.18% 27 81.81%
2 Transparansi keuangan 3 3 19 8 98 74.24% 6 18.18% 27 81.81%
3 Bebas Pungli 4 1 17 11 101 76.51% 5 15.15% 28 84.84%
4 Bebas gratifikasi 4 4 16 9 96 72.72% 8 24.24% 25 75.75%
Jumlah
16 9 70 37 392 74.24% 25 18.93% 107 81.06%
100




0
73.48%
74.24%
76.51%
72.72%
74.24%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
85.45%
84.84%
87.01%
79.39%
83.63%
81.06%
83.56%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 83.56%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005