DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHAN IKAN ANGKATAN 2 2024

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 38 0 114 75% 0 0% 38 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 38 0 114 75% 0 0% 38 100%
3 Kecukupan makanan 0 3 11 24 135 88.81% 3 7.894% 35 92.10%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 2 8 18 10 112 73.68% 10 26.31% 35 73.68%
5 Kelancaran penerangan Listrik 0 1 11 26 139 91.44% 1 2.631% 37 97.36%
Jumlah
2 12 116 60 614 80.78% 14 7.368% 176 92.63%
100




0
75%
75%
88.81%
73.68%
91.44%
80.78%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720006 0 0 10 28 142 93.42% 0 0% 38 100%
2 Penggunaan metode mengajar 0 0 9 29 143 94.07% 0 0% 38 100%
3 Keterampilan & berkomunikasi 0 0 7 31 145 95.39% 0 0% 38 100%
4 Penggunaan media pembelajaran 0 0 9 29 143 94.07% 0 0% 38 100%
5 Penguasaan materi 0 1 7 30 143 94.07% 1 2.631% 37 97.36%
Jumlah
0 1 42 147 716 94.21% 1 0.526% 189 99.47%
100




0
93.42%
94.07%
95.39%
94.07%
94.07%
94.21%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 1 8 14 15 119 78.28% 9 23.68% 29 76.31%
2 Kebersihan Toilet (WC) 5 8 17 8 104 68.42% 13 34.21% 25 65.78%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 38 0 114 75% 0 0% 38 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 38 0 114 75% 0 0% 38 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 0 3 15 20 131 86.18% 3 7.894% 35 92.10%
6 Kenyamanan ruang praktek 2 9 16 11 112 73.68% 11 28.94% 27 71.05%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 38 0 0 76 50% 38 100% 0 0%
Jumlah
8 66 138 54 770 72.36% 74 27.81% 192 72.18%
100




0
78.28%
68.42%
75%
75%
86.18%
73.68%
50%
72.36%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 0 1 10 27 140 92.10% 1 2.631% 37 97.36%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 0 0 13 25 139 91.44% 0 0% 38 100%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 0 1 11 26 139 91.44% 1 2.631% 37 97.36%
4 Kelancaran proses asessment 0 1 10 27 140 92.10% 1 2.631% 37 97.36%
5 Kedisiplinan 0 1 13 24 137 90.13% 1 2.631% 37 97.36%
Jumlah
0 4 57 129 695 91.44% 4 2.105% 186 97.89%
100




0
92.10%
91.44%
91.44%
92.10%
90.13%
91.44%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 38 0 114 75% 0 0% 38 100%
2 Layanan makanan 0 4 12 22 132 86.84% 4 10.52% 34 89.47%
3 Layanan panitia kegiatan 0 1 10 27 140 92.10% 1 2.631% 37 97.36%
4 Layanan administrasi kegiatan 0 1 10 27 140 92.10% 1 2.631% 37 97.36%
5 Keramahan 0 0 10 28 142 93.42% 0 0% 38 100%
Jumlah
0 6 80 104 668 87.89% 6 3.157% 184 96.84%
100




0
75%
86.84%
92.10%
92.10%
93.42%
87.89%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 1 0 11 26 138 90.78% 1 2.631% 37 97.36%
2 Transparansi keuangan 1 0 16 21 133 87.5% 1 2.631% 37 97.36%
3 Bebas Pungli 1 0 12 25 137 90.13% 1 2.631% 37 97.36%
4 Bebas gratifikasi 1 0 11 26 138 90.78% 1 2.631% 37 97.36%
Jumlah
4 0 50 98 546 89.80% 4 2.631% 148 97.36%
100




0
90.78%
87.5%
90.13%
90.78%
89.80%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
92.63%
99.47%
72.18%
97.89%
96.84%
97.36%
92.73%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 92.73%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005