DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHAN IKAN ANGKATAN 20 2023

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 48 0 144 75% 0 0% 48 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 48 0 144 75% 0 0% 48 100%
3 Kecukupan makanan 6 16 19 7 123 64.06% 22 45.83% 26 54.16%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 24 16 4 4 84 43.75% 40 83.33% 26 16.66%
5 Kelancaran penerangan Listrik 8 18 17 5 115 59.89% 26 54.16% 22 45.83%
Jumlah
38 50 136 16 610 63.54% 88 36.66% 152 63.33%
100




0
75%
75%
64.06%
43.75%
59.89%
63.54%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720006 2 6 22 18 152 79.16% 8 16.66% 40 83.33%
2 Penggunaan metode mengajar 2 5 24 17 152 79.16% 7 14.58% 41 85.41%
3 Keterampilan & berkomunikasi 4 4 24 16 148 77.08% 8 16.66% 40 83.33%
4 Penggunaan media pembelajaran 3 6 22 17 149 77.60% 9 18.75% 39 81.25%
5 Penguasaan materi 2 4 23 19 155 80.72% 6 12.5% 42 87.5%
Jumlah
13 25 115 87 756 78.75% 38 15.83% 202 84.16%
100




0
79.16%
79.16%
77.08%
77.60%
80.72%
78.75%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 6 14 19 9 127 66.14% 20 41.66% 28 58.33%
2 Kebersihan Toilet (WC) 8 14 21 5 119 61.97% 22 45.83% 26 54.16%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 48 0 144 75% 0 0% 48 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 48 0 144 75% 0 0% 48 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 11 12 19 6 116 60.41% 23 47.91% 25 52.08%
6 Kenyamanan ruang praktek 8 9 22 9 128 66.66% 17 35.41% 31 64.58%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 48 0 0 96 50% 48 100% 0 0%
Jumlah
33 97 177 29 874 65.02% 130 38.69% 206 61.30%
100




0
66.14%
61.97%
75%
75%
60.41%
66.66%
50%
65.02%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 2 4 19 23 159 82.81% 6 12.5% 42 87.5%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 5 8 18 17 143 74.47% 13 27.08% 35 72.91%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 2 6 21 19 153 79.68% 8 16.66% 40 83.33%
4 Kelancaran proses asessment 2 5 22 19 154 80.20% 7 14.58% 41 85.41%
5 Kedisiplinan 3 6 22 17 149 77.60% 9 18.75% 39 81.25%
Jumlah
14 29 102 95 758 78.95% 43 17.91% 197 82.08%
100




0
82.81%
74.47%
79.68%
80.20%
77.60%
78.95%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 48 0 144 75% 0 0% 48 100%
2 Layanan makanan 8 8 21 11 131 68.22% 16 33.33% 32 66.66%
3 Layanan panitia kegiatan 5 4 25 14 144 75% 9 18.75% 39 81.25%
4 Layanan administrasi kegiatan 5 7 23 13 140 72.91% 12 25% 36 75%
5 Keramahan 5 5 23 15 144 75% 10 20.83% 38 79.16%
Jumlah
23 24 140 53 703 73.22% 47 19.58% 193 80.41%
100




0
75%
68.22%
75%
72.91%
75%
73.22%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 2 5 17 24 159 82.81% 7 14.58% 41 85.41%
2 Transparansi keuangan 2 6 18 22 156 81.25% 8 16.66% 40 83.33%
3 Bebas Pungli 5 4 19 20 150 78.12% 9 18.75% 39 81.25%
4 Bebas gratifikasi 2 6 17 23 157 81.77% 8 16.66% 40 83.33%
Jumlah
11 21 71 89 622 80.98% 32 16.66% 160 83.33%
100




0
82.81%
81.25%
78.12%
81.77%
80.98%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
63.33%
84.16%
61.30%
82.08%
80.41%
83.33%
75.77%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 75.77%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005