DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHAN IKAN ANGKATAN 21 2023

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 42 0 126 75% 0 0% 42 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 42 0 126 75% 0 0% 42 100%
3 Kecukupan makanan 0 4 15 23 145 86.30% 4 9.523% 38 90.47%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 4 8 10 20 130 77.38% 12 28.57% 38 71.42%
5 Kelancaran penerangan Listrik 0 1 14 27 152 90.47% 1 2.380% 41 97.61%
Jumlah
4 13 123 70 679 80.83% 17 8.095% 193 91.90%
100




0
75%
75%
86.30%
77.38%
90.47%
80.83%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720006 0 1 10 31 156 92.85% 1 2.380% 41 97.61%
2 Penggunaan metode mengajar 0 1 11 30 155 92.26% 1 2.380% 41 97.61%
3 Keterampilan & berkomunikasi 0 1 11 30 155 92.26% 1 2.380% 41 97.61%
4 Penggunaan media pembelajaran 0 1 12 29 154 91.66% 1 2.380% 41 97.61%
5 Penguasaan materi 0 1 11 30 155 92.26% 1 2.380% 41 97.61%
Jumlah
0 5 55 150 775 92.26% 5 2.380% 205 97.61%
100




0
92.85%
92.26%
92.26%
91.66%
92.26%
92.26%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 0 1 11 30 155 92.26% 1 2.380% 41 97.61%
2 Kebersihan Toilet (WC) 0 2 17 23 147 87.5% 2 4.761% 40 95.23%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 42 0 126 75% 0 0% 42 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 42 0 126 75% 0 0% 42 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 0 9 14 19 136 80.95% 9 21.42% 33 78.57%
6 Kenyamanan ruang praktek 0 4 14 24 146 86.90% 4 9.523% 38 90.47%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 42 0 0 84 50% 42 100% 0 0%
Jumlah
0 58 140 96 920 78.23% 58 19.72% 236 80.27%
100




0
92.26%
87.5%
75%
75%
80.95%
86.90%
50%
78.23%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 0 1 13 28 153 91.07% 1 2.380% 41 97.61%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 0 8 12 22 140 83.33% 8 19.04% 34 80.95%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 0 2 14 26 150 89.28% 2 4.761% 40 95.23%
4 Kelancaran proses asessment 0 0 19 23 149 88.69% 0 0% 42 100%
5 Kedisiplinan 0 2 10 30 154 91.66% 2 4.761% 40 95.23%
Jumlah
0 13 68 129 746 88.80% 13 6.190% 197 93.80%
100




0
91.07%
83.33%
89.28%
88.69%
91.66%
88.80%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 42 0 126 75% 0 0% 42 100%
2 Layanan makanan 0 5 14 23 144 85.71% 5 11.90% 37 88.09%
3 Layanan panitia kegiatan 0 1 17 24 149 88.69% 1 2.380% 41 97.61%
4 Layanan administrasi kegiatan 0 1 16 25 150 89.28% 1 2.380% 41 97.61%
5 Keramahan 0 0 14 28 154 91.66% 0 0% 42 100%
Jumlah
0 7 103 100 723 86.07% 7 3.333% 203 96.66%
100




0
75%
85.71%
88.69%
89.28%
91.66%
86.07%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 0 2 18 22 146 86.90% 2 4.761% 40 95.23%
2 Transparansi keuangan 0 9 10 23 140 83.33% 9 21.42% 33 78.57%
3 Bebas Pungli 0 8 11 23 141 83.92% 8 19.04% 34 80.95%
4 Bebas gratifikasi 0 3 16 23 146 86.90% 3 7.142% 39 92.85%
Jumlah
0 22 55 91 573 85.26% 22 13.09% 146 86.90%
100




0
86.90%
83.33%
83.92%
86.90%
85.26%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
91.90%
97.61%
80.27%
93.80%
96.66%
86.90%
91.19%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 91.19%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005