DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHAN IKAN ANGKATAN 22 2023

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 44 0 132 75% 0 0% 44 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 44 0 132 75% 0 0% 44 100%
3 Kecukupan makanan 0 2 19 23 153 86.93% 2 4.545% 42 95.45%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 0 0 15 29 161 91.47% 0 0% 42 100%
5 Kelancaran penerangan Listrik 0 3 15 26 155 88.06% 3 6.818% 41 93.18%
Jumlah
0 5 137 78 733 83.29% 5 2.272% 215 97.72%
100




0
75%
75%
86.93%
91.47%
88.06%
83.29%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720006 0 1 13 30 161 91.47% 1 2.272% 43 97.72%
2 Penggunaan metode mengajar 0 0 20 24 156 88.63% 0 0% 44 100%
3 Keterampilan & berkomunikasi 0 0 19 25 157 89.20% 0 0% 44 100%
4 Penggunaan media pembelajaran 0 0 23 21 153 86.93% 0 0% 44 100%
5 Penguasaan materi 0 1 19 24 155 88.06% 1 2.272% 43 97.72%
Jumlah
0 2 94 124 782 88.86% 2 0.909% 218 99.09%
100




0
91.47%
88.63%
89.20%
86.93%
88.06%
88.86%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 0 1 23 20 151 85.79% 1 2.272% 43 97.72%
2 Kebersihan Toilet (WC) 3 9 19 13 130 73.86% 12 27.27% 32 72.72%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 44 0 132 75% 0 0% 44 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 44 0 132 75% 0 0% 44 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 1 1 24 18 147 83.52% 2 4.545% 42 95.45%
6 Kenyamanan ruang praktek 0 2 21 21 151 85.79% 2 4.545% 42 95.45%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 44 0 0 88 50% 44 100% 0 0%
Jumlah
4 57 175 72 931 75.56% 61 19.80% 247 80.19%
100




0
85.79%
73.86%
75%
75%
83.52%
85.79%
50%
75.56%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 0 0 19 25 157 89.20% 0 0% 44 100%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 0 4 17 23 151 85.79% 4 9.090% 40 90.90%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 0 0 20 24 156 88.63% 0 0% 44 100%
4 Kelancaran proses asessment 0 1 18 25 156 88.63% 1 2.272% 43 97.72%
5 Kedisiplinan 0 0 19 25 157 89.20% 0 0% 44 100%
Jumlah
0 5 93 122 777 88.29% 5 2.272% 215 97.72%
100




0
89.20%
85.79%
88.63%
88.63%
89.20%
88.29%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 44 0 132 75% 0 0% 44 100%
2 Layanan makanan 0 0 18 26 158 89.77% 0 0% 44 100%
3 Layanan panitia kegiatan 0 0 17 27 159 90.34% 0 0% 44 100%
4 Layanan administrasi kegiatan 0 0 18 26 158 89.77% 0 0% 44 100%
5 Keramahan 0 0 17 27 159 90.34% 0 0% 44 100%
Jumlah
0 0 114 106 766 87.04% 0 0% 220 100%
100




0
75%
89.77%
90.34%
89.77%
90.34%
87.04%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 0 1 12 31 162 92.04% 1 2.272% 43 97.72%
2 Transparansi keuangan 0 0 15 29 161 91.47% 0 0% 44 100%
3 Bebas Pungli 0 0 15 29 161 91.47% 0 0% 44 100%
4 Bebas gratifikasi 0 0 14 30 162 92.04% 0 0% 44 100%
Jumlah
0 1 56 119 646 91.76% 1 0.568% 175 99.43%
100




0
92.04%
91.47%
91.47%
92.04%
91.76%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
97.72%
99.09%
80.19%
97.72%
100%
99.43%
95.69%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 95.69%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005