DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHAN IKAN ANGKATAN 24 2023

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 45 0 135 75% 0 0% 45 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 45 0 135 75% 0 0% 45 100%
3 Kecukupan makanan 0 0 13 32 167 92.77% 0 0% 45 100%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 0 18 14 13 130 72.22% 18 40% 45 60%
5 Kelancaran penerangan Listrik 1 3 20 21 151 83.88% 4 8.888% 41 91.11%
Jumlah
1 21 137 66 718 79.77% 22 9.777% 203 90.22%
100




0
75%
75%
92.77%
72.22%
83.88%
79.77%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720006 0 3 15 27 159 88.33% 3 6.666% 42 93.33%
2 Penggunaan metode mengajar 0 3 19 23 155 86.11% 3 6.666% 42 93.33%
3 Keterampilan & berkomunikasi 0 2 20 23 156 86.66% 2 4.444% 43 95.55%
4 Penggunaan media pembelajaran 0 6 18 21 150 83.33% 6 13.33% 39 86.66%
5 Penguasaan materi 0 5 18 22 152 84.44% 5 11.11% 40 88.88%
Jumlah
0 19 90 116 772 85.77% 19 8.444% 206 91.55%
100




0
88.33%
86.11%
86.66%
83.33%
84.44%
85.77%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 0 5 23 17 147 81.66% 5 11.11% 40 88.88%
2 Kebersihan Toilet (WC) 8 21 7 9 107 59.44% 29 64.44% 16 35.55%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 45 0 135 75% 0 0% 45 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 45 0 135 75% 0 0% 45 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 4 8 17 16 135 75% 12 26.66% 33 73.33%
6 Kenyamanan ruang praktek 0 8 21 16 143 79.44% 8 17.77% 37 82.22%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 45 0 0 90 50% 45 100% 0 0%
Jumlah
12 87 158 58 892 70.79% 99 31.42% 216 68.57%
100




0
81.66%
59.44%
75%
75%
75%
79.44%
50%
70.79%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 0 0 17 28 163 90.55% 0 0% 45 100%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 2 4 19 20 147 81.66% 6 13.33% 39 86.66%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 1 1 17 26 158 87.77% 2 4.444% 43 95.55%
4 Kelancaran proses asessment 0 2 19 24 157 87.22% 2 4.444% 43 95.55%
5 Kedisiplinan 0 4 18 23 154 85.55% 4 8.888% 41 91.11%
Jumlah
3 11 90 121 779 86.55% 14 6.222% 211 93.77%
100




0
90.55%
81.66%
87.77%
87.22%
85.55%
86.55%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 45 0 135 75% 0 0% 45 100%
2 Layanan makanan 0 0 12 33 168 93.33% 0 0% 45 100%
3 Layanan panitia kegiatan 0 0 18 27 162 90% 0 0% 45 100%
4 Layanan administrasi kegiatan 0 0 25 20 155 86.11% 0 0% 45 100%
5 Keramahan 0 0 14 31 166 92.22% 0 0% 45 100%
Jumlah
0 0 114 111 786 87.33% 0 0% 225 100%
100




0
75%
93.33%
90%
86.11%
92.22%
87.33%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 4 0 13 28 155 86.11% 4 8.888% 41 91.11%
2 Transparansi keuangan 1 2 16 26 157 87.22% 3 6.666% 42 93.33%
3 Bebas Pungli 4 3 11 27 151 83.88% 7 15.55% 38 84.44%
4 Bebas gratifikasi 4 2 14 25 150 83.33% 6 13.33% 39 86.66%
Jumlah
13 7 54 106 613 85.13% 20 11.11% 160 88.88%
100




0
86.11%
87.22%
83.88%
83.33%
85.13%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
90.22%
91.55%
68.57%
93.77%
100%
88.88%
88.83%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 88.83%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005