DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHAN IKAN ANGKATAN 25 2023

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 30 0 90 75% 0 0% 30 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 30 0 90 75% 0 0% 30 100%
3 Kecukupan makanan 1 1 4 24 111 92.5% 2 6.666% 28 93.33%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 1 2 5 22 108 90% 3 10% 28 90%
5 Kelancaran penerangan Listrik 0 1 6 23 112 93.33% 1 3.333% 29 96.66%
Jumlah
2 4 75 69 511 85.16% 6 4% 144 96%
100




0
75%
75%
92.5%
90%
93.33%
85.16%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720006 0 0 3 27 117 97.5% 0 0% 30 100%
2 Penggunaan metode mengajar 0 0 3 27 117 97.5% 0 0% 30 100%
3 Keterampilan & berkomunikasi 0 0 4 26 116 96.66% 0 0% 30 100%
4 Penggunaan media pembelajaran 0 0 4 26 116 96.66% 0 0% 30 100%
5 Penguasaan materi 0 0 6 24 114 95% 0 0% 30 100%
Jumlah
0 0 20 130 580 96.66% 0 0% 150 100%
100




0
97.5%
97.5%
96.66%
96.66%
95%
96.66%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 0 0 10 20 110 91.66% 0 0% 30 100%
2 Kebersihan Toilet (WC) 0 3 8 19 106 88.33% 3 10% 27 90%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 30 0 90 75% 0 0% 30 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 30 0 90 75% 0 0% 30 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 0 0 7 23 113 94.16% 0 0% 30 100%
6 Kenyamanan ruang praktek 0 1 7 22 111 92.5% 1 3.333% 29 96.66%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 30 0 0 60 50% 30 100% 0 0%
Jumlah
0 34 92 84 680 80.95% 34 16.19% 176 83.80%
100




0
91.66%
88.33%
75%
75%
94.16%
92.5%
50%
80.95%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 0 0 6 24 114 95% 0 0% 30 100%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 0 1 7 22 111 92.5% 1 3.333% 29 96.66%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 0 1 7 22 111 92.5% 1 3.333% 29 96.66%
4 Kelancaran proses asessment 0 0 7 23 113 94.16% 0 0% 30 100%
5 Kedisiplinan 0 2 4 24 112 93.33% 2 6.666% 28 93.33%
Jumlah
0 4 31 115 561 93.5% 4 2.666% 146 97.33%
100




0
95%
92.5%
92.5%
94.16%
93.33%
93.5%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 30 0 90 75% 0 0% 30 100%
2 Layanan makanan 1 2 3 24 110 91.66% 3 10% 27 90%
3 Layanan panitia kegiatan 0 1 3 26 115 95.83% 1 3.333% 29 96.66%
4 Layanan administrasi kegiatan 0 0 5 25 115 95.83% 0 0% 30 100%
5 Keramahan 0 0 4 26 116 96.66% 0 0% 30 100%
Jumlah
1 3 45 101 546 91% 4 2.666% 146 97.33%
100




0
75%
91.66%
95.83%
95.83%
96.66%
91%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 1 0 3 26 114 95% 1 3.333% 29 96.66%
2 Transparansi keuangan 0 1 3 26 115 95.83% 1 3.333% 29 96.66%
3 Bebas Pungli 1 0 3 26 114 95% 1 3.333% 29 96.66%
4 Bebas gratifikasi 0 1 2 27 116 96.66% 1 3.333% 29 96.66%
Jumlah
2 2 11 105 459 95.62% 4 3.333% 116 96.66%
100




0
95%
95.83%
95%
96.66%
95.62%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
96%
100%
83.80%
97.33%
97.33%
96.66%
95.19%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 95.19%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005