DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHAN IKAN ANGKATAN 26 2023

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 36 0 108 75% 0 0% 36 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 36 0 108 75% 0 0% 36 100%
3 Kecukupan makanan 2 3 4 27 128 88.88% 5 13.88% 31 86.11%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 2 1 7 26 129 89.58% 3 8.333% 31 91.66%
5 Kelancaran penerangan Listrik 2 0 9 25 129 89.58% 2 5.555% 34 94.44%
Jumlah
6 4 92 78 602 83.61% 10 5.555% 170 94.44%
100




0
75%
75%
88.88%
89.58%
89.58%
83.61%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720006 2 3 9 22 123 85.41% 5 13.88% 31 86.11%
2 Penggunaan metode mengajar 2 2 6 26 128 88.88% 4 11.11% 32 88.88%
3 Keterampilan & berkomunikasi 2 1 8 25 128 88.88% 3 8.333% 33 91.66%
4 Penggunaan media pembelajaran 2 2 7 25 127 88.19% 4 11.11% 32 88.88%
5 Penguasaan materi 2 0 10 24 128 88.88% 2 5.555% 34 94.44%
Jumlah
10 8 40 122 634 88.05% 18 10% 162 90%
100




0
85.41%
88.88%
88.88%
88.19%
88.88%
88.05%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 2 2 12 20 122 84.72% 4 11.11% 32 88.88%
2 Kebersihan Toilet (WC) 2 2 10 22 124 86.11% 4 11.11% 32 88.88%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 36 0 108 75% 0 0% 36 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 36 0 108 75% 0 0% 36 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 2 7 9 18 115 79.86% 9 25% 27 75%
6 Kenyamanan ruang praktek 2 2 8 24 126 87.5% 4 11.11% 32 88.88%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 36 0 0 72 50% 36 100% 0 0%
Jumlah
8 49 111 84 775 76.88% 57 22.61% 195 77.38%
100




0
84.72%
86.11%
75%
75%
79.86%
87.5%
50%
76.88%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 2 0 7 27 131 90.97% 2 5.555% 34 94.44%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 2 4 13 17 117 81.25% 6 16.66% 30 83.33%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 2 1 8 25 128 88.88% 3 8.333% 33 91.66%
4 Kelancaran proses asessment 2 1 10 23 126 87.5% 3 8.333% 33 91.66%
5 Kedisiplinan 2 2 11 21 123 85.41% 4 11.11% 32 88.88%
Jumlah
10 8 49 113 625 86.80% 18 10% 162 90%
100




0
90.97%
81.25%
88.88%
87.5%
85.41%
86.80%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 36 0 108 75% 0 0% 36 100%
2 Layanan makanan 2 0 6 28 132 91.66% 2 5.555% 34 94.44%
3 Layanan panitia kegiatan 2 0 8 26 130 90.27% 2 5.555% 34 94.44%
4 Layanan administrasi kegiatan 2 0 7 27 131 90.97% 2 5.555% 34 94.44%
5 Keramahan 2 0 6 28 132 91.66% 2 5.555% 34 94.44%
Jumlah
8 0 63 109 633 87.91% 8 4.444% 172 95.55%
100




0
75%
91.66%
90.27%
90.97%
91.66%
87.91%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 2 0 8 26 130 90.27% 2 5.555% 34 94.44%
2 Transparansi keuangan 2 1 8 25 128 88.88% 3 8.333% 33 91.66%
3 Bebas Pungli 2 2 4 28 130 90.27% 4 11.11% 32 88.88%
4 Bebas gratifikasi 2 0 7 27 131 90.97% 2 5.555% 34 94.44%
Jumlah
8 3 27 106 519 90.10% 11 7.638% 133 92.36%
100




0
90.27%
88.88%
90.27%
90.97%
90.10%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
94.44%
90%
77.38%
90%
95.55%
92.36%
89.95%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 89.95%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005