DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHAN IKAN ANGKATAN 27 2023

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 28 0 84 75% 0 0% 28 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 28 0 84 75% 0 0% 28 100%
3 Kecukupan makanan 1 2 9 16 96 85.71% 3 10.71% 25 89.28%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 0 3 10 15 96 85.71% 3 10.71% 25 89.28%
5 Kelancaran penerangan Listrik 1 4 8 15 93 83.03% 5 17.85% 23 82.14%
Jumlah
2 9 83 46 453 80.89% 11 7.857% 129 92.14%
100




0
75%
75%
85.71%
85.71%
83.03%
80.89%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720006 0 0 12 16 100 89.28% 0 0% 28 100%
2 Penggunaan metode mengajar 0 0 13 15 99 88.39% 0 0% 28 100%
3 Keterampilan & berkomunikasi 0 0 9 19 103 91.96% 0 0% 28 100%
4 Penggunaan media pembelajaran 0 1 12 15 98 87.5% 1 3.571% 27 96.42%
5 Penguasaan materi 0 1 9 18 101 90.17% 1 3.571% 27 96.42%
Jumlah
0 2 55 83 501 89.46% 2 1.428% 138 98.57%
100




0
89.28%
88.39%
91.96%
87.5%
90.17%
89.46%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 0 1 15 12 95 84.82% 1 3.571% 27 96.42%
2 Kebersihan Toilet (WC) 0 3 19 6 87 77.67% 3 10.71% 25 89.28%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 28 0 84 75% 0 0% 28 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 28 0 84 75% 0 0% 28 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 0 4 14 10 90 80.35% 4 14.28% 24 85.71%
6 Kenyamanan ruang praktek 0 1 20 7 90 80.35% 1 3.571% 27 96.42%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 28 0 0 56 50% 28 100% 0 0%
Jumlah
0 37 124 35 586 74.74% 37 18.87% 159 81.12%
100




0
84.82%
77.67%
75%
75%
80.35%
80.35%
50%
74.74%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 0 3 9 16 97 86.60% 3 10.71% 25 89.28%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 0 2 16 10 92 82.14% 2 7.142% 26 92.85%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 0 3 11 14 95 84.82% 3 10.71% 25 89.28%
4 Kelancaran proses asessment 0 1 13 14 97 86.60% 1 3.571% 27 96.42%
5 Kedisiplinan 0 2 8 18 100 89.28% 2 7.142% 26 92.85%
Jumlah
0 11 57 72 481 85.89% 11 7.857% 129 92.14%
100




0
86.60%
82.14%
84.82%
86.60%
89.28%
85.89%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 28 0 84 75% 0 0% 28 100%
2 Layanan makanan 0 5 11 12 91 81.25% 5 17.85% 23 82.14%
3 Layanan panitia kegiatan 0 2 9 17 99 88.39% 2 7.142% 26 92.85%
4 Layanan administrasi kegiatan 0 3 8 17 98 87.5% 3 10.71% 25 89.28%
5 Keramahan 1 1 8 18 99 88.39% 2 7.142% 26 92.85%
Jumlah
1 11 64 64 471 84.10% 12 8.571% 128 91.42%
100




0
75%
81.25%
88.39%
87.5%
88.39%
84.10%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 1 2 10 15 95 84.82% 3 10.71% 25 89.28%
2 Transparansi keuangan 0 2 12 14 96 85.71% 2 7.142% 26 92.85%
3 Bebas Pungli 0 2 13 13 95 84.82% 2 7.142% 26 92.85%
4 Bebas gratifikasi 0 2 12 14 96 85.71% 2 7.142% 26 92.85%
Jumlah
1 8 47 56 382 85.26% 9 8.035% 103 91.96%
100




0
84.82%
85.71%
84.82%
85.71%
85.26%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
92.14%
98.57%
81.12%
92.14%
91.42%
91.96%
91.22%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 91.22%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005