DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHAN IKAN ANGKATAN 28 2023

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 7 0 21 75% 0 0% 7 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 7 0 21 75% 0 0% 7 100%
3 Kecukupan makanan 0 2 0 5 24 85.71% 2 28.57% 5 71.42%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 0 2 0 5 24 85.71% 2 28.57% 5 71.42%
5 Kelancaran penerangan Listrik 0 2 0 5 24 85.71% 2 28.57% 5 71.42%
Jumlah
0 6 14 15 114 81.42% 6 17.14% 29 82.85%
100




0
75%
75%
85.71%
85.71%
85.71%
81.42%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720006 0 2 0 5 24 85.71% 2 28.57% 5 71.42%
2 Penggunaan metode mengajar 1 1 0 5 23 82.14% 2 28.57% 5 71.42%
3 Keterampilan & berkomunikasi 1 1 0 5 23 82.14% 2 28.57% 5 71.42%
4 Penggunaan media pembelajaran 0 2 0 5 24 85.71% 2 28.57% 5 71.42%
5 Penguasaan materi 2 0 0 5 22 78.57% 2 28.57% 5 71.42%
Jumlah
4 6 0 25 116 82.85% 10 28.57% 25 71.42%
100




0
85.71%
82.14%
82.14%
85.71%
78.57%
82.85%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 0 2 0 5 24 85.71% 2 28.57% 5 71.42%
2 Kebersihan Toilet (WC) 0 2 0 5 24 85.71% 2 28.57% 5 71.42%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 7 0 21 75% 0 0% 7 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 7 0 21 75% 0 0% 7 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 0 2 0 5 24 85.71% 2 28.57% 5 71.42%
6 Kenyamanan ruang praktek 0 2 0 5 24 85.71% 2 28.57% 5 71.42%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 7 0 0 14 50% 7 100% 0 0%
Jumlah
0 15 14 20 152 77.55% 15 30.61% 34 69.38%
100




0
85.71%
85.71%
75%
75%
85.71%
85.71%
50%
77.55%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 1 1 0 5 23 82.14% 2 28.57% 5 71.42%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 0 2 0 5 24 85.71% 2 28.57% 5 71.42%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 0 2 0 5 24 85.71% 2 28.57% 5 71.42%
4 Kelancaran proses asessment 0 2 0 5 24 85.71% 2 28.57% 5 71.42%
5 Kedisiplinan 0 2 0 5 24 85.71% 2 28.57% 5 71.42%
Jumlah
1 9 0 25 119 85% 10 28.57% 25 71.42%
100




0
82.14%
85.71%
85.71%
85.71%
85.71%
85%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 7 0 21 75% 0 0% 7 100%
2 Layanan makanan 0 2 0 5 24 85.71% 2 28.57% 5 71.42%
3 Layanan panitia kegiatan 1 1 0 5 23 82.14% 2 28.57% 5 71.42%
4 Layanan administrasi kegiatan 1 1 0 5 23 82.14% 2 28.57% 5 71.42%
5 Keramahan 0 2 0 5 24 85.71% 2 28.57% 5 71.42%
Jumlah
2 6 7 20 115 82.14% 8 22.85% 27 77.14%
100




0
75%
85.71%
82.14%
82.14%
85.71%
82.14%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 0 2 0 5 24 85.71% 2 28.57% 5 71.42%
2 Transparansi keuangan 0 2 0 5 24 85.71% 2 28.57% 5 71.42%
3 Bebas Pungli 0 2 0 5 24 85.71% 2 28.57% 5 71.42%
4 Bebas gratifikasi 0 2 0 5 24 85.71% 2 28.57% 5 71.42%
Jumlah
0 8 0 20 96 85.71% 8 28.57% 20 71.42%
100




0
85.71%
85.71%
85.71%
85.71%
85.71%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
82.85%
71.42%
69.38%
71.42%
77.14%
71.42%
73.94%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 73.94%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005