DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHAN IKAN ANGKATAN 3 2022

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 3 0 13 49 238 91.53% 3 4.615% 62 95.38%
2 Perlengkapan kamar tidur 2 2 21 40 229 88.07% 4 6.153% 61 93.84%
3 Kecukupan makanan 3 0 5 57 246 94.61% 3 4.615% 62 95.38%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 2 1 8 54 244 93.84% 3 4.615% 62 95.38%
5 Kelancaran penerangan Listrik 4 0 2 59 246 94.61% 4 6.153% 61 93.84%
Jumlah
14 3 49 259 1203 92.53% 17 5.230% 308 94.76%
100




0
91.53%
88.07%
94.61%
93.84%
94.61%
92.53%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720006 3 0 12 50 239 91.92% 3 4.615% 62 95.38%
2 Penggunaan metode mengajar 3 1 10 51 239 91.92% 4 6.153% 61 93.84%
3 Keterampilan & berkomunikasi 3 0 12 50 239 91.92% 3 4.615% 62 95.38%
4 Penggunaan media pembelajaran 3 1 8 53 241 92.69% 4 6.153% 61 93.84%
5 Penguasaan materi 3 0 10 52 241 92.69% 3 4.615% 62 95.38%
Jumlah
15 2 52 256 1199 92.23% 17 5.230% 308 94.76%
100




0
91.92%
91.92%
91.92%
92.69%
92.69%
92.23%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 3 0 9 53 242 93.07% 3 4.615% 62 95.38%
2 Kebersihan Toilet (WC) 3 0 12 50 239 91.92% 3 4.615% 62 95.38%
3 Kebersihan lingkungan kantor 3 0 6 56 245 94.23% 3 4.615% 62 95.38%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 4 6 19 36 217 83.46% 10 15.38% 55 84.61%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 3 0 10 52 241 92.69% 3 4.615% 62 95.38%
6 Kenyamanan ruang praktek 3 2 12 48 235 90.38% 5 7.692% 60 92.30%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 3 1 8 53 241 92.69% 4 6.153% 61 93.84%
Jumlah
22 9 76 348 1660 91.20% 31 6.813% 424 93.18%
100




0
93.07%
91.92%
94.23%
83.46%
92.69%
90.38%
92.69%
91.20%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 3 0 8 54 243 93.46% 3 4.615% 62 95.38%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 3 1 9 52 240 92.30% 4 6.153% 61 93.84%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 3 1 6 55 243 93.46% 4 6.153% 61 93.84%
4 Kelancaran proses asessment 3 1 6 55 243 93.46% 4 6.153% 61 93.84%
5 Kedisiplinan 3 1 8 53 241 92.69% 4 6.153% 61 93.84%
Jumlah
15 4 37 269 1210 93.07% 19 5.846% 306 94.15%
100




0
93.46%
92.30%
93.46%
93.46%
92.69%
93.07%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 3 0 5 57 246 94.61% 3 4.615% 62 95.38%
2 Layanan makanan 3 1 8 53 241 92.69% 4 6.153% 61 93.84%
3 Layanan panitia kegiatan 3 1 5 56 244 93.84% 4 6.153% 61 93.84%
4 Layanan administrasi kegiatan 3 0 7 55 244 93.84% 3 4.615% 62 95.38%
5 Keramahan 2 2 7 54 243 93.46% 4 6.153% 61 93.84%
Jumlah
14 4 32 275 1218 93.69% 18 5.538% 307 94.46%
100




0
94.61%
92.69%
93.84%
93.84%
93.46%
93.69%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 5 0 5 55 240 92.30% 5 7.692% 60 92.30%
2 Transparansi keuangan 5 0 5 55 240 92.30% 5 7.692% 60 92.30%
3 Bebas Pungli 5 0 5 55 240 92.30% 5 7.692% 60 92.30%
4 Bebas gratifikasi 5 0 6 54 239 91.92% 5 7.692% 60 92.30%
Jumlah
20 0 21 219 959 92.21% 20 7.692% 240 92.30%
100




0
92.30%
92.30%
92.30%
91.92%
92.21%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
94.76%
94.76%
93.18%
94.15%
94.46%
92.30%
93.94%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 93.94%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005