DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHAN IKAN ANGKATAN 30 2023

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 34 0 102 75% 0 0% 34 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 34 0 102 75% 0 0% 34 100%
3 Kecukupan makanan 0 1 17 16 117 86.02% 1 2.941% 33 97.05%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 0 2 16 16 116 85.29% 2 5.882% 33 94.11%
5 Kelancaran penerangan Listrik 0 1 15 18 119 87.5% 1 2.941% 33 97.05%
Jumlah
0 4 116 50 556 81.76% 4 2.352% 166 97.64%
100




0
75%
75%
86.02%
85.29%
87.5%
81.76%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720006 0 0 16 18 120 88.23% 0 0% 34 100%
2 Penggunaan metode mengajar 0 1 11 22 123 90.44% 1 2.941% 33 97.05%
3 Keterampilan & berkomunikasi 0 0 13 21 123 90.44% 0 0% 34 100%
4 Penggunaan media pembelajaran 0 0 14 20 122 89.70% 0 0% 34 100%
5 Penguasaan materi 0 0 13 21 123 90.44% 0 0% 34 100%
Jumlah
0 1 67 102 611 89.85% 1 0.588% 169 99.41%
100




0
88.23%
90.44%
90.44%
89.70%
90.44%
89.85%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 0 1 17 16 117 86.02% 1 2.941% 33 97.05%
2 Kebersihan Toilet (WC) 1 0 21 12 112 82.35% 1 2.941% 33 97.05%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 34 0 102 75% 0 0% 34 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 34 0 102 75% 0 0% 34 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 0 2 19 13 113 83.08% 2 5.882% 32 94.11%
6 Kenyamanan ruang praktek 0 1 16 17 118 86.76% 1 2.941% 33 97.05%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 34 0 0 68 50% 34 100% 0 0%
Jumlah
1 38 141 58 732 76.89% 39 16.38% 199 83.61%
100




0
86.02%
82.35%
75%
75%
83.08%
86.76%
50%
76.89%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 0 0 14 20 122 89.70% 0 0% 34 100%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 0 2 16 16 116 85.29% 2 5.882% 32 94.11%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 0 1 15 18 119 87.5% 1 2.941% 33 97.05%
4 Kelancaran proses asessment 0 1 14 19 120 88.23% 1 2.941% 33 97.05%
5 Kedisiplinan 0 2 15 17 117 86.02% 2 5.882% 32 94.11%
Jumlah
0 6 74 90 594 87.35% 6 3.529% 164 96.47%
100




0
89.70%
85.29%
87.5%
88.23%
86.02%
87.35%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 34 0 102 75% 0 0% 34 100%
2 Layanan makanan 0 0 14 20 122 89.70% 0 0% 34 100%
3 Layanan panitia kegiatan 0 0 13 21 123 90.44% 0 0% 34 100%
4 Layanan administrasi kegiatan 0 0 13 21 123 90.44% 0 0% 34 100%
5 Keramahan 0 0 13 21 123 90.44% 0 0% 34 100%
Jumlah
0 0 87 83 593 87.20% 0 0% 170 100%
100




0
75%
89.70%
90.44%
90.44%
90.44%
87.20%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 2 1 9 22 119 87.5% 3 8.823% 31 91.17%
2 Transparansi keuangan 2 0 16 16 114 83.82% 2 5.882% 32 94.11%
3 Bebas Pungli 2 0 14 18 116 85.29% 2 5.882% 32 94.11%
4 Bebas gratifikasi 2 0 12 20 118 86.76% 2 5.882% 32 94.11%
Jumlah
8 1 51 76 467 85.84% 9 6.617% 127 93.38%
100




0
87.5%
83.82%
85.29%
86.76%
85.84%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
97.64%
99.41%
83.61%
96.47%
100%
93.38%
95.08%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 95.08%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005