DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHAN IKAN ANGKATAN 31 2023

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 38 0 114 75% 0 0% 38 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 38 0 114 75% 0 0% 38 100%
3 Kecukupan makanan 0 6 9 23 131 86.18% 6 15.78% 32 84.21%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 0 3 9 26 137 90.13% 3 7.894% 32 92.10%
5 Kelancaran penerangan Listrik 0 0 8 30 144 94.73% 0 0% 38 100%
Jumlah
0 9 102 79 640 84.21% 9 4.736% 181 95.26%
100




0
75%
75%
86.18%
90.13%
94.73%
84.21%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720006 0 3 6 29 140 92.10% 3 7.894% 35 92.10%
2 Penggunaan metode mengajar 0 0 11 27 141 92.76% 0 0% 38 100%
3 Keterampilan & berkomunikasi 0 0 11 27 141 92.76% 0 0% 38 100%
4 Penggunaan media pembelajaran 0 1 6 31 144 94.73% 1 2.631% 37 97.36%
5 Penguasaan materi 0 1 8 29 142 93.42% 1 2.631% 37 97.36%
Jumlah
0 5 42 143 708 93.15% 5 2.631% 185 97.36%
100




0
92.10%
92.76%
92.76%
94.73%
93.42%
93.15%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 0 4 9 25 135 88.81% 4 10.52% 34 89.47%
2 Kebersihan Toilet (WC) 0 3 11 24 135 88.81% 3 7.894% 35 92.10%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 38 0 114 75% 0 0% 38 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 38 0 114 75% 0 0% 38 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 0 2 9 27 139 91.44% 2 5.263% 36 94.73%
6 Kenyamanan ruang praktek 0 2 14 22 134 88.15% 2 5.263% 36 94.73%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 38 0 0 76 50% 38 100% 0 0%
Jumlah
0 49 119 98 847 79.60% 49 18.42% 217 81.57%
100




0
88.81%
88.81%
75%
75%
91.44%
88.15%
50%
79.60%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 0 2 9 27 139 91.44% 2 5.263% 36 94.73%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 0 2 8 28 140 92.10% 2 5.263% 36 94.73%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 0 0 11 27 141 92.76% 0 0% 38 100%
4 Kelancaran proses asessment 0 0 10 28 142 93.42% 0 0% 38 100%
5 Kedisiplinan 0 1 11 26 139 91.44% 1 2.631% 37 97.36%
Jumlah
0 5 49 136 701 92.23% 5 2.631% 185 97.36%
100




0
91.44%
92.10%
92.76%
93.42%
91.44%
92.23%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 38 0 114 75% 0 0% 38 100%
2 Layanan makanan 1 4 8 25 133 87.5% 5 13.15% 33 86.84%
3 Layanan panitia kegiatan 0 2 11 25 137 90.13% 2 5.263% 36 94.73%
4 Layanan administrasi kegiatan 0 2 8 28 140 92.10% 2 5.263% 36 94.73%
5 Keramahan 0 1 6 31 144 94.73% 1 2.631% 37 97.36%
Jumlah
1 9 71 109 668 87.89% 10 5.263% 180 94.73%
100




0
75%
87.5%
90.13%
92.10%
94.73%
87.89%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 2 1 7 28 137 90.13% 3 7.894% 35 92.10%
2 Transparansi keuangan 2 1 11 24 133 87.5% 3 7.894% 35 92.10%
3 Bebas Pungli 2 0 9 27 137 90.13% 2 5.263% 36 94.73%
4 Bebas gratifikasi 2 0 12 24 134 88.15% 2 5.263% 36 94.73%
Jumlah
8 2 39 103 541 88.98% 10 6.578% 142 93.42%
100




0
90.13%
87.5%
90.13%
88.15%
88.98%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
95.26%
97.36%
81.57%
97.36%
94.73%
93.42%
93.28%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 93.28%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005