DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHAN IKAN ANGKATAN 32 2023

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 47 0 141 75% 0 0% 47 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 47 0 141 75% 0 0% 47 100%
3 Kecukupan makanan 0 0 6 41 182 96.80% 0 0% 47 100%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 0 0 13 34 175 93.08% 0 0% 47 100%
5 Kelancaran penerangan Listrik 0 0 5 42 183 97.34% 0 0% 47 100%
Jumlah
0 0 118 117 822 87.44% 0 0% 235 100%
100




0
75%
75%
96.80%
93.08%
97.34%
87.44%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720006 0 0 5 42 183 97.34% 0 0% 47 100%
2 Penggunaan metode mengajar 0 0 6 41 182 96.80% 0 0% 47 100%
3 Keterampilan & berkomunikasi 0 0 4 43 184 97.87% 0 0% 47 100%
4 Penggunaan media pembelajaran 0 0 8 39 180 95.74% 0 0% 47 100%
5 Penguasaan materi 0 0 8 39 180 95.74% 0 0% 47 100%
Jumlah
0 0 31 204 909 96.70% 0 0% 235 100%
100




0
97.34%
96.80%
97.87%
95.74%
95.74%
96.70%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 0 3 10 34 172 91.48% 3 6.382% 44 93.61%
2 Kebersihan Toilet (WC) 2 4 13 28 161 85.63% 6 12.76% 41 87.23%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 47 0 141 75% 0 0% 47 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 47 0 141 75% 0 0% 47 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 0 0 13 34 175 93.08% 0 0% 47 100%
6 Kenyamanan ruang praktek 0 1 13 33 173 92.02% 1 2.127% 46 97.87%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 47 0 0 94 50% 47 100% 0 0%
Jumlah
2 55 143 129 1057 80.31% 57 17.32% 272 82.67%
100




0
91.48%
85.63%
75%
75%
93.08%
92.02%
50%
80.31%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 0 0 4 43 184 97.87% 0 0% 47 100%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 0 0 10 37 178 94.68% 0 0% 47 100%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 0 0 6 41 182 96.80% 0 0% 47 100%
4 Kelancaran proses asessment 0 0 7 40 181 96.27% 0 0% 47 100%
5 Kedisiplinan 0 0 5 42 183 97.34% 0 0% 47 100%
Jumlah
0 0 32 203 908 96.59% 0 0% 235 100%
100




0
97.87%
94.68%
96.80%
96.27%
97.34%
96.59%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 47 0 141 75% 0 0% 47 100%
2 Layanan makanan 0 0 7 40 181 96.27% 0 0% 47 100%
3 Layanan panitia kegiatan 0 0 6 41 182 96.80% 0 0% 47 100%
4 Layanan administrasi kegiatan 0 0 6 41 182 96.80% 0 0% 47 100%
5 Keramahan 0 0 4 43 184 97.87% 0 0% 47 100%
Jumlah
0 0 70 165 870 92.55% 0 0% 235 100%
100




0
75%
96.27%
96.80%
96.80%
97.87%
92.55%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 0 0 4 43 184 97.87% 0 0% 47 100%
2 Transparansi keuangan 0 0 6 41 182 96.80% 0 0% 47 100%
3 Bebas Pungli 0 0 4 43 184 97.87% 0 0% 47 100%
4 Bebas gratifikasi 1 0 4 42 181 96.27% 1 2.127% 46 97.87%
Jumlah
1 0 18 169 731 97.20% 1 0.531% 187 99.46%
100




0
97.87%
96.80%
97.87%
96.27%
97.20%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
100%
100%
82.67%
100%
100%
99.46%
97.02%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 97.02%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005