DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHAN IKAN ANGKATAN 33 2023

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 42 0 126 75% 0 0% 42 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 42 0 126 75% 0 0% 42 100%
3 Kecukupan makanan 0 4 16 22 144 85.71% 4 9.523% 38 90.47%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 0 1 15 26 151 89.88% 1 2.380% 38 97.61%
5 Kelancaran penerangan Listrik 0 1 15 26 151 89.88% 1 2.380% 41 97.61%
Jumlah
0 6 130 74 698 83.09% 6 2.857% 204 97.14%
100




0
75%
75%
85.71%
89.88%
89.88%
83.09%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720006 0 0 12 30 156 92.85% 0 0% 42 100%
2 Penggunaan metode mengajar 0 1 10 31 156 92.85% 1 2.380% 41 97.61%
3 Keterampilan & berkomunikasi 0 0 11 31 157 93.45% 0 0% 42 100%
4 Penggunaan media pembelajaran 0 0 11 31 157 93.45% 0 0% 42 100%
5 Penguasaan materi 0 1 11 30 155 92.26% 1 2.380% 41 97.61%
Jumlah
0 2 55 153 781 92.97% 2 0.952% 208 99.04%
100




0
92.85%
92.85%
93.45%
93.45%
92.26%
92.97%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 0 2 19 21 145 86.30% 2 4.761% 40 95.23%
2 Kebersihan Toilet (WC) 6 4 16 16 126 75% 10 23.80% 32 76.19%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 42 0 126 75% 0 0% 42 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 42 0 126 75% 0 0% 42 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 0 1 19 22 147 87.5% 1 2.380% 41 97.61%
6 Kenyamanan ruang praktek 0 3 20 19 142 84.52% 3 7.142% 39 92.85%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 42 0 0 84 50% 42 100% 0 0%
Jumlah
6 52 158 78 896 76.19% 58 19.72% 236 80.27%
100




0
86.30%
75%
75%
75%
87.5%
84.52%
50%
76.19%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 0 0 11 31 157 93.45% 0 0% 42 100%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 0 0 14 28 154 91.66% 0 0% 42 100%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 1 2 10 29 151 89.88% 3 7.142% 39 92.85%
4 Kelancaran proses asessment 0 1 14 27 152 90.47% 1 2.380% 41 97.61%
5 Kedisiplinan 0 1 14 27 152 90.47% 1 2.380% 41 97.61%
Jumlah
1 4 63 142 766 91.19% 5 2.380% 205 97.61%
100




0
93.45%
91.66%
89.88%
90.47%
90.47%
91.19%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 42 0 126 75% 0 0% 42 100%
2 Layanan makanan 0 6 14 22 142 84.52% 6 14.28% 36 85.71%
3 Layanan panitia kegiatan 0 1 14 27 152 90.47% 1 2.380% 41 97.61%
4 Layanan administrasi kegiatan 1 0 12 29 153 91.07% 1 2.380% 41 97.61%
5 Keramahan 1 0 10 31 155 92.26% 1 2.380% 41 97.61%
Jumlah
2 7 92 109 728 86.66% 9 4.285% 201 95.71%
100




0
75%
84.52%
90.47%
91.07%
92.26%
86.66%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 0 0 12 30 156 92.85% 0 0% 42 100%
2 Transparansi keuangan 0 1 11 30 155 92.26% 1 2.380% 41 97.61%
3 Bebas Pungli 0 1 10 31 156 92.85% 1 2.380% 41 97.61%
4 Bebas gratifikasi 0 0 12 30 156 92.85% 0 0% 42 100%
Jumlah
0 2 45 121 623 92.70% 2 1.190% 166 98.80%
100




0
92.85%
92.26%
92.85%
92.85%
92.70%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
97.14%
99.04%
80.27%
97.61%
95.71%
98.80%
94.76%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 94.76%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005