DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHAN IKAN ANGKATAN 34 2023

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 20 0 60 75% 0 0% 20 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 20 0 60 75% 0 0% 20 100%
3 Kecukupan makanan 0 1 4 15 74 92.5% 1 5% 19 95%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 0 0 3 17 77 96.25% 0 0% 19 100%
5 Kelancaran penerangan Listrik 0 0 2 18 78 97.5% 0 0% 20 100%
Jumlah
0 1 49 50 349 87.25% 1 1% 99 99%
100




0
75%
75%
92.5%
96.25%
97.5%
87.25%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720006 0 0 1 19 79 98.75% 0 0% 20 100%
2 Penggunaan metode mengajar 0 0 1 19 79 98.75% 0 0% 20 100%
3 Keterampilan & berkomunikasi 0 0 2 18 78 97.5% 0 0% 20 100%
4 Penggunaan media pembelajaran 0 0 3 17 77 96.25% 0 0% 20 100%
5 Penguasaan materi 0 0 1 19 79 98.75% 0 0% 20 100%
Jumlah
0 0 8 92 392 98% 0 0% 100 100%
100




0
98.75%
98.75%
97.5%
96.25%
98.75%
98%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 0 0 4 16 76 95% 0 0% 20 100%
2 Kebersihan Toilet (WC) 1 0 8 11 69 86.25% 1 5% 19 95%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 20 0 60 75% 0 0% 20 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 20 0 60 75% 0 0% 20 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 0 0 6 14 74 92.5% 0 0% 20 100%
6 Kenyamanan ruang praktek 0 0 7 13 73 91.25% 0 0% 20 100%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 20 0 0 40 50% 20 100% 0 0%
Jumlah
1 20 65 54 452 80.71% 21 15% 119 85%
100




0
95%
86.25%
75%
75%
92.5%
91.25%
50%
80.71%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 0 0 3 17 77 96.25% 0 0% 20 100%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 0 1 3 16 75 93.75% 1 5% 19 95%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 0 0 2 18 78 97.5% 0 0% 20 100%
4 Kelancaran proses asessment 0 0 1 19 79 98.75% 0 0% 20 100%
5 Kedisiplinan 0 0 3 17 77 96.25% 0 0% 20 100%
Jumlah
0 1 12 87 386 96.5% 1 1% 99 99%
100




0
96.25%
93.75%
97.5%
98.75%
96.25%
96.5%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 20 0 60 75% 0 0% 20 100%
2 Layanan makanan 0 1 5 14 73 91.25% 1 5% 19 95%
3 Layanan panitia kegiatan 0 0 6 14 74 92.5% 0 0% 20 100%
4 Layanan administrasi kegiatan 0 0 2 18 78 97.5% 0 0% 20 100%
5 Keramahan 0 0 1 19 79 98.75% 0 0% 20 100%
Jumlah
0 1 34 65 364 91% 1 1% 99 99%
100




0
75%
91.25%
92.5%
97.5%
98.75%
91%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 1 0 1 18 76 95% 1 5% 19 95%
2 Transparansi keuangan 1 0 2 17 75 93.75% 1 5% 19 95%
3 Bebas Pungli 1 0 2 17 75 93.75% 1 5% 19 95%
4 Bebas gratifikasi 1 0 2 17 75 93.75% 1 5% 19 95%
Jumlah
4 0 7 69 301 94.06% 4 5% 76 95%
100




0
95%
93.75%
93.75%
93.75%
94.06%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
99%
100%
85%
99%
99%
95%
96.16%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 96.16%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005