DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHAN IKAN ANGKATAN 35 2023

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 22 0 66 75% 0 0% 22 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 22 0 66 75% 0 0% 22 100%
3 Kecukupan makanan 0 0 19 3 69 78.40% 0 0% 22 100%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 0 0 20 2 68 77.27% 0 0% 22 100%
5 Kelancaran penerangan Listrik 0 0 17 5 71 80.68% 0 0% 22 100%
Jumlah
0 0 100 10 340 77.27% 0 0% 110 100%
100




0
75%
75%
78.40%
77.27%
80.68%
77.27%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720006 0 0 18 4 70 79.54% 0 0% 22 100%
2 Penggunaan metode mengajar 0 0 12 10 76 86.36% 0 0% 22 100%
3 Keterampilan & berkomunikasi 0 0 15 7 73 82.95% 0 0% 22 100%
4 Penggunaan media pembelajaran 0 0 16 6 72 81.81% 0 0% 22 100%
5 Penguasaan materi 0 0 15 7 73 82.95% 0 0% 22 100%
Jumlah
0 0 76 34 364 82.72% 0 0% 110 100%
100




0
79.54%
86.36%
82.95%
81.81%
82.95%
82.72%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 0 2 18 2 66 75% 2 9.090% 20 90.90%
2 Kebersihan Toilet (WC) 0 0 21 1 67 76.13% 0 0% 22 100%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 22 0 66 75% 0 0% 22 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 22 0 66 75% 0 0% 22 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 0 2 17 3 67 76.13% 2 9.090% 20 90.90%
6 Kenyamanan ruang praktek 0 0 20 2 68 77.27% 0 0% 22 100%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 22 0 0 44 50% 22 100% 0 0%
Jumlah
0 26 120 8 444 72.07% 26 16.88% 128 83.11%
100




0
75%
76.13%
75%
75%
76.13%
77.27%
50%
72.07%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 0 0 19 3 69 78.40% 0 0% 22 100%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 0 0 18 4 70 79.54% 0 0% 22 100%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 0 0 19 3 69 78.40% 0 0% 22 100%
4 Kelancaran proses asessment 0 0 19 3 69 78.40% 0 0% 22 100%
5 Kedisiplinan 0 0 20 2 68 77.27% 0 0% 22 100%
Jumlah
0 0 95 15 345 78.40% 0 0% 110 100%
100




0
78.40%
79.54%
78.40%
78.40%
77.27%
78.40%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 22 0 66 75% 0 0% 22 100%
2 Layanan makanan 0 0 19 3 69 78.40% 0 0% 22 100%
3 Layanan panitia kegiatan 0 0 16 6 72 81.81% 0 0% 22 100%
4 Layanan administrasi kegiatan 0 0 16 6 72 81.81% 0 0% 22 100%
5 Keramahan 0 0 18 4 70 79.54% 0 0% 22 100%
Jumlah
0 0 91 19 349 79.31% 0 0% 110 100%
100




0
75%
78.40%
81.81%
81.81%
79.54%
79.31%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 0 0 8 14 80 90.90% 0 0% 22 100%
2 Transparansi keuangan 0 0 9 13 79 89.77% 0 0% 22 100%
3 Bebas Pungli 0 0 7 15 81 92.04% 0 0% 22 100%
4 Bebas gratifikasi 0 0 8 14 80 90.90% 0 0% 22 100%
Jumlah
0 0 32 56 320 90.90% 0 0% 88 100%
100




0
90.90%
89.77%
92.04%
90.90%
90.90%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
100%
100%
83.11%
100%
100%
100%
97.18%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 97.18%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005