DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHAN IKAN ANGKATAN 36 2023

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 40 0 120 75% 0 0% 40 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 40 0 120 75% 0 0% 40 100%
3 Kecukupan makanan 0 1 13 26 145 90.62% 1 2.5% 39 97.5%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 1 7 14 18 129 80.62% 8 20% 39 80%
5 Kelancaran penerangan Listrik 0 1 15 24 143 89.37% 1 2.5% 39 97.5%
Jumlah
1 9 122 68 657 82.12% 10 5% 190 95%
100




0
75%
75%
90.62%
80.62%
89.37%
82.12%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720006 0 1 12 27 146 91.25% 1 2.5% 39 97.5%
2 Penggunaan metode mengajar 0 1 10 29 148 92.5% 1 2.5% 39 97.5%
3 Keterampilan & berkomunikasi 0 1 8 31 150 93.75% 1 2.5% 39 97.5%
4 Penggunaan media pembelajaran 0 1 12 27 146 91.25% 1 2.5% 39 97.5%
5 Penguasaan materi 0 0 10 30 150 93.75% 0 0% 40 100%
Jumlah
0 4 52 144 740 92.5% 4 2% 196 98%
100




0
91.25%
92.5%
93.75%
91.25%
93.75%
92.5%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 0 6 19 15 129 80.62% 6 15% 34 85%
2 Kebersihan Toilet (WC) 5 13 12 10 107 66.87% 18 45% 22 55%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 40 0 120 75% 0 0% 40 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 40 0 120 75% 0 0% 40 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 0 5 21 14 129 80.62% 5 12.5% 35 87.5%
6 Kenyamanan ruang praktek 1 8 16 15 125 78.12% 9 22.5% 31 77.5%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 40 0 0 80 50% 40 100% 0 0%
Jumlah
6 72 148 54 810 72.32% 78 27.85% 202 72.14%
100




0
80.62%
66.87%
75%
75%
80.62%
78.12%
50%
72.32%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 0 3 12 25 142 88.75% 3 7.5% 37 92.5%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 1 3 16 20 135 84.37% 4 10% 36 90%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 1 3 10 26 141 88.12% 4 10% 36 90%
4 Kelancaran proses asessment 0 3 14 23 140 87.5% 3 7.5% 37 92.5%
5 Kedisiplinan 0 3 12 25 142 88.75% 3 7.5% 37 92.5%
Jumlah
2 15 64 119 700 87.5% 17 8.5% 183 91.5%
100




0
88.75%
84.37%
88.12%
87.5%
88.75%
87.5%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 40 0 120 75% 0 0% 40 100%
2 Layanan makanan 1 2 14 23 139 86.87% 3 7.5% 37 92.5%
3 Layanan panitia kegiatan 0 2 19 19 137 85.62% 2 5% 38 95%
4 Layanan administrasi kegiatan 1 1 15 23 140 87.5% 2 5% 38 95%
5 Keramahan 0 1 11 28 147 91.87% 1 2.5% 39 97.5%
Jumlah
2 6 99 93 683 85.37% 8 4% 192 96%
100




0
75%
86.87%
85.62%
87.5%
91.87%
85.37%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 0 3 14 23 140 87.5% 3 7.5% 37 92.5%
2 Transparansi keuangan 0 2 19 19 137 85.62% 2 5% 38 95%
3 Bebas Pungli 0 2 15 23 141 88.12% 2 5% 38 95%
4 Bebas gratifikasi 0 2 15 23 141 88.12% 2 5% 38 95%
Jumlah
0 9 63 88 559 87.34% 9 5.625% 151 94.37%
100




0
87.5%
85.62%
88.12%
88.12%
87.34%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
95%
98%
72.14%
91.5%
96%
94.37%
91.16%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 91.16%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005