DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHAN IKAN ANGKATAN 37 2023

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 38 0 114 75% 0 0% 38 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 38 0 114 75% 0 0% 38 100%
3 Kecukupan makanan 0 1 9 28 141 92.76% 1 2.631% 37 97.36%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 0 4 13 21 131 86.18% 4 10.52% 37 89.47%
5 Kelancaran penerangan Listrik 0 0 14 24 138 90.78% 0 0% 38 100%
Jumlah
0 5 112 73 638 83.94% 5 2.631% 185 97.36%
100




0
75%
75%
92.76%
86.18%
90.78%
83.94%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720006 0 1 11 26 139 91.44% 1 2.631% 37 97.36%
2 Penggunaan metode mengajar 0 0 9 29 143 94.07% 0 0% 38 100%
3 Keterampilan & berkomunikasi 0 0 10 28 142 93.42% 0 0% 38 100%
4 Penggunaan media pembelajaran 0 1 10 27 140 92.10% 1 2.631% 37 97.36%
5 Penguasaan materi 0 0 15 23 137 90.13% 0 0% 38 100%
Jumlah
0 2 55 133 701 92.23% 2 1.052% 188 98.94%
100




0
91.44%
94.07%
93.42%
92.10%
90.13%
92.23%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 0 2 12 24 136 89.47% 2 5.263% 36 94.73%
2 Kebersihan Toilet (WC) 0 1 17 20 133 87.5% 1 2.631% 37 97.36%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 38 0 114 75% 0 0% 38 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 38 0 114 75% 0 0% 38 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 1 3 15 19 128 84.21% 4 10.52% 34 89.47%
6 Kenyamanan ruang praktek 0 1 14 23 136 89.47% 1 2.631% 37 97.36%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 38 0 0 76 50% 38 100% 0 0%
Jumlah
1 45 134 86 837 78.66% 46 17.29% 220 82.70%
100




0
89.47%
87.5%
75%
75%
84.21%
89.47%
50%
78.66%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 0 0 12 26 140 92.10% 0 0% 38 100%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 1 2 12 23 133 87.5% 3 7.894% 35 92.10%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 0 0 14 24 138 90.78% 0 0% 38 100%
4 Kelancaran proses asessment 0 0 14 24 138 90.78% 0 0% 38 100%
5 Kedisiplinan 0 0 11 27 141 92.76% 0 0% 38 100%
Jumlah
1 2 63 124 690 90.78% 3 1.578% 187 98.42%
100




0
92.10%
87.5%
90.78%
90.78%
92.76%
90.78%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 38 0 114 75% 0 0% 38 100%
2 Layanan makanan 0 1 12 25 138 90.78% 1 2.631% 37 97.36%
3 Layanan panitia kegiatan 0 0 13 25 139 91.44% 0 0% 38 100%
4 Layanan administrasi kegiatan 0 0 15 23 137 90.13% 0 0% 38 100%
5 Keramahan 0 0 11 27 141 92.76% 0 0% 38 100%
Jumlah
0 1 89 100 669 88.02% 1 0.526% 189 99.47%
100




0
75%
90.78%
91.44%
90.13%
92.76%
88.02%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 0 1 10 27 140 92.10% 1 2.631% 37 97.36%
2 Transparansi keuangan 0 1 9 28 141 92.76% 1 2.631% 37 97.36%
3 Bebas Pungli 0 1 8 29 142 93.42% 1 2.631% 37 97.36%
4 Bebas gratifikasi 0 1 8 29 142 93.42% 1 2.631% 37 97.36%
Jumlah
0 4 35 113 565 92.92% 4 2.631% 148 97.36%
100




0
92.10%
92.76%
93.42%
93.42%
92.92%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
97.36%
98.94%
82.70%
98.42%
99.47%
97.36%
95.71%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 95.71%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005