DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHAN IKAN ANGKATAN 38 2023

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 46 0 138 75% 0 0% 46 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 46 0 138 75% 0 0% 46 100%
3 Kecukupan makanan 3 12 11 20 140 76.08% 15 32.60% 31 67.39%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 11 13 12 10 113 61.41% 24 52.17% 31 47.82%
5 Kelancaran penerangan Listrik 2 5 15 24 153 83.15% 7 15.21% 39 84.78%
Jumlah
16 30 130 54 682 74.13% 46 20% 184 80%
100




0
75%
75%
76.08%
61.41%
83.15%
74.13%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720006 1 1 7 37 172 93.47% 2 4.347% 44 95.65%
2 Penggunaan metode mengajar 0 2 12 32 168 91.30% 2 4.347% 44 95.65%
3 Keterampilan & berkomunikasi 0 1 6 39 176 95.65% 1 2.173% 45 97.82%
4 Penggunaan media pembelajaran 4 2 12 28 156 84.78% 6 13.04% 40 86.95%
5 Penguasaan materi 0 0 15 31 169 91.84% 0 0% 46 100%
Jumlah
5 6 52 167 841 91.41% 11 4.782% 219 95.21%
100




0
93.47%
91.30%
95.65%
84.78%
91.84%
91.41%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 8 7 15 16 131 71.19% 15 32.60% 31 67.39%
2 Kebersihan Toilet (WC) 14 10 17 5 105 57.06% 24 52.17% 22 47.82%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 46 0 138 75% 0 0% 46 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 46 0 138 75% 0 0% 46 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 7 7 17 15 132 71.73% 14 30.43% 32 69.56%
6 Kenyamanan ruang praktek 9 5 18 14 129 70.10% 14 30.43% 32 69.56%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 46 0 0 92 50% 46 100% 0 0%
Jumlah
38 75 159 50 865 67.15% 113 35.09% 209 64.90%
100




0
71.19%
57.06%
75%
75%
71.73%
70.10%
50%
67.15%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 0 0 13 33 171 92.93% 0 0% 46 100%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 5 5 17 19 142 77.17% 10 21.73% 36 78.26%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 1 1 16 28 163 88.58% 2 4.347% 44 95.65%
4 Kelancaran proses asessment 0 1 18 27 164 89.13% 1 2.173% 45 97.82%
5 Kedisiplinan 1 2 18 25 159 86.41% 3 6.521% 43 93.47%
Jumlah
7 9 82 132 799 86.84% 16 6.956% 214 93.04%
100




0
92.93%
77.17%
88.58%
89.13%
86.41%
86.84%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 46 0 138 75% 0 0% 46 100%
2 Layanan makanan 8 8 11 19 133 72.28% 16 34.78% 30 65.21%
3 Layanan panitia kegiatan 1 1 8 36 171 92.93% 2 4.347% 44 95.65%
4 Layanan administrasi kegiatan 0 2 9 35 171 92.93% 2 4.347% 44 95.65%
5 Keramahan 0 0 6 40 178 96.73% 0 0% 46 100%
Jumlah
9 11 80 130 791 85.97% 20 8.695% 210 91.30%
100




0
75%
72.28%
92.93%
92.93%
96.73%
85.97%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 2 2 6 36 168 91.30% 4 8.695% 42 91.30%
2 Transparansi keuangan 0 0 12 34 172 93.47% 0 0% 46 100%
3 Bebas Pungli 0 2 7 37 173 94.02% 2 4.347% 44 95.65%
4 Bebas gratifikasi 0 0 8 38 176 95.65% 0 0% 46 100%
Jumlah
2 4 33 145 689 93.61% 6 3.260% 178 96.73%
100




0
91.30%
93.47%
94.02%
95.65%
93.61%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
80%
95.21%
64.90%
93.04%
91.30%
96.73%
86.86%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 86.86%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005