DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHAN IKAN ANGKATAN 39 2023

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 24 0 72 75% 0 0% 24 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 24 0 72 75% 0 0% 24 100%
3 Kecukupan makanan 0 0 4 20 92 95.83% 0 0% 24 100%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 0 0 12 12 84 87.5% 0 0% 24 100%
5 Kelancaran penerangan Listrik 0 0 12 12 84 87.5% 0 0% 24 100%
Jumlah
0 0 76 44 404 84.16% 0 0% 120 100%
100




0
75%
75%
95.83%
87.5%
87.5%
84.16%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720006 0 0 13 11 83 86.45% 0 0% 24 100%
2 Penggunaan metode mengajar 0 0 15 9 81 84.37% 0 0% 24 100%
3 Keterampilan & berkomunikasi 0 0 10 14 86 89.58% 0 0% 24 100%
4 Penggunaan media pembelajaran 0 0 10 14 86 89.58% 0 0% 24 100%
5 Penguasaan materi 0 0 9 15 87 90.62% 0 0% 24 100%
Jumlah
0 0 57 63 423 88.12% 0 0% 120 100%
100




0
86.45%
84.37%
89.58%
89.58%
90.62%
88.12%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 0 0 8 16 88 91.66% 0 0% 24 100%
2 Kebersihan Toilet (WC) 0 0 12 12 84 87.5% 0 0% 24 100%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 24 0 72 75% 0 0% 24 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 24 0 72 75% 0 0% 24 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 0 0 9 15 87 90.62% 0 0% 24 100%
6 Kenyamanan ruang praktek 0 0 13 11 83 86.45% 0 0% 24 100%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 24 0 0 48 50% 24 100% 0 0%
Jumlah
0 24 90 54 534 79.46% 24 14.28% 144 85.71%
100




0
91.66%
87.5%
75%
75%
90.62%
86.45%
50%
79.46%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 0 0 9 15 87 90.62% 0 0% 24 100%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 0 0 9 15 87 90.62% 0 0% 24 100%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 0 0 13 11 83 86.45% 0 0% 24 100%
4 Kelancaran proses asessment 0 0 6 18 90 93.75% 0 0% 24 100%
5 Kedisiplinan 0 0 10 14 86 89.58% 0 0% 24 100%
Jumlah
0 0 47 73 433 90.20% 0 0% 120 100%
100




0
90.62%
90.62%
86.45%
93.75%
89.58%
90.20%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 24 0 72 75% 0 0% 24 100%
2 Layanan makanan 0 0 9 15 87 90.62% 0 0% 24 100%
3 Layanan panitia kegiatan 0 0 11 13 85 88.54% 0 0% 24 100%
4 Layanan administrasi kegiatan 0 0 15 9 81 84.37% 0 0% 24 100%
5 Keramahan 0 0 14 10 82 85.41% 0 0% 24 100%
Jumlah
0 0 73 47 407 84.79% 0 0% 120 100%
100




0
75%
90.62%
88.54%
84.37%
85.41%
84.79%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 0 0 7 17 89 92.70% 0 0% 24 100%
2 Transparansi keuangan 0 0 14 10 82 85.41% 0 0% 24 100%
3 Bebas Pungli 0 0 9 15 87 90.62% 0 0% 24 100%
4 Bebas gratifikasi 0 0 8 16 88 91.66% 0 0% 24 100%
Jumlah
0 0 38 58 346 90.10% 0 0% 96 100%
100




0
92.70%
85.41%
90.62%
91.66%
90.10%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
100%
100%
85.71%
100%
100%
100%
97.61%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 97.61%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005