DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHAN IKAN ANGKATAN 4 2022

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 5 10 22 27 199 77.73% 15 23.43% 49 76.56%
2 Perlengkapan kamar tidur 4 11 21 28 201 78.51% 15 23.43% 49 76.56%
3 Kecukupan makanan 7 7 19 31 202 78.90% 14 21.87% 50 78.12%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 5 7 19 33 208 81.25% 12 18.75% 50 81.25%
5 Kelancaran penerangan Listrik 7 5 19 33 206 80.46% 12 18.75% 52 81.25%
Jumlah
28 40 100 152 1016 79.37% 68 21.25% 252 78.75%
100




0
77.73%
78.51%
78.90%
81.25%
80.46%
79.37%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720006 9 6 16 33 201 78.51% 15 23.43% 49 76.56%
2 Penggunaan metode mengajar 6 7 15 36 209 81.64% 13 20.31% 51 79.68%
3 Keterampilan & berkomunikasi 8 7 14 35 204 79.68% 15 23.43% 49 76.56%
4 Penggunaan media pembelajaran 5 6 22 31 207 80.85% 11 17.18% 53 82.81%
5 Penguasaan materi 9 3 14 38 209 81.64% 12 18.75% 52 81.25%
Jumlah
37 29 81 173 1030 80.46% 66 20.62% 254 79.37%
100




0
78.51%
81.64%
79.68%
80.85%
81.64%
80.46%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 6 4 30 24 200 78.12% 10 15.62% 54 84.37%
2 Kebersihan Toilet (WC) 2 9 28 25 204 79.68% 11 17.18% 53 82.81%
3 Kebersihan lingkungan kantor 5 7 25 27 202 78.90% 12 18.75% 52 81.25%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 5 12 23 24 194 75.78% 17 26.56% 47 73.43%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 3 13 25 23 196 76.56% 16 25% 48 75%
6 Kenyamanan ruang praktek 3 6 32 23 203 79.29% 9 14.06% 55 85.93%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 4 9 22 29 204 79.68% 13 20.31% 51 79.68%
Jumlah
28 60 185 175 1403 78.29% 88 19.64% 360 80.35%
100




0
78.12%
79.68%
78.90%
75.78%
76.56%
79.29%
79.68%
78.29%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 8 3 22 31 204 79.68% 11 17.18% 53 82.81%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 4 10 25 25 199 77.73% 14 21.87% 50 78.12%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 6 5 26 27 202 78.90% 11 17.18% 53 82.81%
4 Kelancaran proses asessment 6 7 19 32 205 80.07% 13 20.31% 51 79.68%
5 Kedisiplinan 6 5 23 30 205 80.07% 11 17.18% 53 82.81%
Jumlah
30 30 115 145 1015 79.29% 60 18.75% 260 81.25%
100




0
79.68%
77.73%
78.90%
80.07%
80.07%
79.29%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 7 9 23 25 194 75.78% 16 25% 48 75%
2 Layanan makanan 6 6 20 32 206 80.46% 12 18.75% 52 81.25%
3 Layanan panitia kegiatan 5 9 19 31 204 79.68% 14 21.87% 50 78.12%
4 Layanan administrasi kegiatan 4 8 22 30 206 80.46% 12 18.75% 52 81.25%
5 Keramahan 6 5 17 36 211 82.42% 11 17.18% 53 82.81%
Jumlah
28 37 101 154 1021 79.76% 65 20.31% 255 79.68%
100




0
75.78%
80.46%
79.68%
80.46%
82.42%
79.76%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 5 3 21 35 214 83.59% 8 12.5% 56 87.5%
2 Transparansi keuangan 5 7 25 27 202 78.90% 12 18.75% 52 81.25%
3 Bebas Pungli 8 2 19 35 209 81.64% 10 15.62% 54 84.37%
4 Bebas gratifikasi 3 8 22 31 209 81.64% 11 17.18% 53 82.81%
Jumlah
21 20 87 128 834 81.44% 41 16.01% 215 83.98%
100




0
83.59%
78.90%
81.64%
81.64%
81.44%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
78.75%
79.37%
80.35%
81.25%
79.68%
83.98%
80.56%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 80.56%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005