DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHAN IKAN ANGKATAN 4 2023

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 20 0 60 75% 0 0% 20 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 20 0 60 75% 0 0% 20 100%
3 Kecukupan makanan 2 1 4 13 68 85% 3 15% 17 85%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 2 0 6 12 68 85% 2 10% 17 90%
5 Kelancaran penerangan Listrik 1 0 9 10 68 85% 1 5% 19 95%
Jumlah
5 1 59 35 324 81% 6 6% 94 94%
100




0
75%
75%
85%
85%
85%
81%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720006 1 1 3 15 72 90% 2 10% 18 90%
2 Penggunaan metode mengajar 1 1 4 14 71 88.75% 2 10% 18 90%
3 Keterampilan & berkomunikasi 1 1 3 15 72 90% 2 10% 18 90%
4 Penggunaan media pembelajaran 1 0 4 15 73 91.25% 1 5% 19 95%
5 Penguasaan materi 1 1 2 16 73 91.25% 2 10% 18 90%
Jumlah
5 4 16 75 361 90.25% 9 9% 91 91%
100




0
90%
88.75%
90%
91.25%
91.25%
90.25%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 1 0 8 11 69 86.25% 1 5% 19 95%
2 Kebersihan Toilet (WC) 1 1 8 10 67 83.75% 2 10% 18 90%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 20 0 60 75% 0 0% 20 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 20 0 60 75% 0 0% 20 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 1 2 7 10 66 82.5% 3 15% 17 85%
6 Kenyamanan ruang praktek 1 1 7 11 68 85% 2 10% 18 90%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 0 20 0 60 75% 0 0% 20 100%
Jumlah
4 4 90 42 450 80.35% 8 5.714% 132 94.28%
100




0
86.25%
83.75%
75%
75%
82.5%
85%
75%
80.35%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 1 1 4 14 71 88.75% 2 10% 18 90%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 1 2 4 13 69 86.25% 3 15% 17 85%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 1 0 5 14 72 90% 1 5% 19 95%
4 Kelancaran proses asessment 1 1 6 12 69 86.25% 2 10% 18 90%
5 Kedisiplinan 1 1 6 12 69 86.25% 2 10% 18 90%
Jumlah
5 5 25 65 350 87.5% 10 10% 90 90%
100




0
88.75%
86.25%
90%
86.25%
86.25%
87.5%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 20 0 60 75% 0 0% 20 100%
2 Layanan makanan 1 1 4 14 71 88.75% 2 10% 18 90%
3 Layanan panitia kegiatan 1 1 4 14 71 88.75% 2 10% 18 90%
4 Layanan administrasi kegiatan 1 1 3 15 72 90% 2 10% 18 90%
5 Keramahan 2 0 3 15 71 88.75% 2 10% 18 90%
Jumlah
5 3 34 58 345 86.25% 8 8% 92 92%
100




0
75%
88.75%
88.75%
90%
88.75%
86.25%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 2 0 4 14 70 87.5% 2 10% 18 90%
2 Transparansi keuangan 2 0 4 14 70 87.5% 2 10% 18 90%
3 Bebas Pungli 2 0 4 14 70 87.5% 2 10% 18 90%
4 Bebas gratifikasi 2 0 3 15 71 88.75% 2 10% 18 90%
Jumlah
8 0 15 57 281 87.81% 8 10% 72 90%
100




0
87.5%
87.5%
87.5%
88.75%
87.81%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
94%
91%
94.28%
90%
92%
90%
91.88%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 91.88%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005