DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHAN IKAN ANGKATAN 40 2023

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 19 0 57 75% 0 0% 19 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 19 0 57 75% 0 0% 19 100%
3 Kecukupan makanan 0 1 3 15 71 93.42% 1 5.263% 18 94.73%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 0 0 6 13 70 92.10% 0 0% 18 100%
5 Kelancaran penerangan Listrik 1 2 4 12 65 85.52% 3 15.78% 16 84.21%
Jumlah
1 3 51 40 320 84.21% 4 4.210% 91 95.78%
100




0
75%
75%
93.42%
92.10%
85.52%
84.21%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720006 0 1 1 17 73 96.05% 1 5.263% 18 94.73%
2 Penggunaan metode mengajar 0 0 0 19 76 100% 0 0% 19 100%
3 Keterampilan & berkomunikasi 0 0 0 19 76 100% 0 0% 19 100%
4 Penggunaan media pembelajaran 0 0 1 18 75 98.68% 0 0% 19 100%
5 Penguasaan materi 0 0 1 18 75 98.68% 0 0% 19 100%
Jumlah
0 1 3 91 375 98.68% 1 1.052% 94 98.94%
100




0
96.05%
100%
100%
98.68%
98.68%
98.68%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 0 1 5 13 69 90.78% 1 5.263% 18 94.73%
2 Kebersihan Toilet (WC) 1 1 5 12 66 86.84% 2 10.52% 17 89.47%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 19 0 57 75% 0 0% 19 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 19 0 57 75% 0 0% 19 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 1 1 2 15 69 90.78% 2 10.52% 17 89.47%
6 Kenyamanan ruang praktek 0 3 3 13 67 88.15% 3 15.78% 16 84.21%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 19 0 0 38 50% 19 100% 0 0%
Jumlah
2 25 53 53 423 79.51% 27 20.30% 106 79.69%
100




0
90.78%
86.84%
75%
75%
90.78%
88.15%
50%
79.51%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 0 1 0 18 74 97.36% 1 5.263% 18 94.73%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 0 2 1 16 71 93.42% 2 10.52% 17 89.47%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 0 0 1 18 75 98.68% 0 0% 19 100%
4 Kelancaran proses asessment 0 0 1 18 75 98.68% 0 0% 19 100%
5 Kedisiplinan 0 0 1 18 75 98.68% 0 0% 19 100%
Jumlah
0 3 4 88 370 97.36% 3 3.157% 92 96.84%
100




0
97.36%
93.42%
98.68%
98.68%
98.68%
97.36%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 19 0 57 75% 0 0% 19 100%
2 Layanan makanan 0 0 3 16 73 96.05% 0 0% 19 100%
3 Layanan panitia kegiatan 0 0 4 15 72 94.73% 0 0% 19 100%
4 Layanan administrasi kegiatan 1 0 2 16 71 93.42% 1 5.263% 18 94.73%
5 Keramahan 0 1 4 14 70 92.10% 1 5.263% 18 94.73%
Jumlah
1 1 32 61 343 90.26% 2 2.105% 93 97.89%
100




0
75%
96.05%
94.73%
93.42%
92.10%
90.26%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 1 1 4 13 67 88.15% 2 10.52% 17 89.47%
2 Transparansi keuangan 0 2 6 11 66 86.84% 2 10.52% 17 89.47%
3 Bebas Pungli 0 2 4 13 68 89.47% 2 10.52% 17 89.47%
4 Bebas gratifikasi 0 1 4 14 70 92.10% 1 5.263% 18 94.73%
Jumlah
1 6 18 51 271 89.14% 7 9.210% 69 90.78%
100




0
88.15%
86.84%
89.47%
92.10%
89.14%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
95.78%
98.94%
79.69%
96.84%
97.89%
90.78%
93.32%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 93.32%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005