DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHAN IKAN ANGKATAN 42 2023

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 44 0 132 75% 0 0% 44 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 44 0 132 75% 0 0% 44 100%
3 Kecukupan makanan 0 0 13 31 163 92.61% 0 0% 44 100%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 0 0 18 26 158 89.77% 0 0% 44 100%
5 Kelancaran penerangan Listrik 0 1 21 22 153 86.93% 1 2.272% 43 97.72%
Jumlah
0 1 140 79 738 83.86% 1 0.454% 219 99.54%
100




0
75%
75%
92.61%
89.77%
86.93%
83.86%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720006 0 0 12 32 164 93.18% 0 0% 44 100%
2 Penggunaan metode mengajar 0 0 12 32 164 93.18% 0 0% 44 100%
3 Keterampilan & berkomunikasi 0 0 10 34 166 94.31% 0 0% 44 100%
4 Penggunaan media pembelajaran 0 1 14 29 160 90.90% 1 2.272% 43 97.72%
5 Penguasaan materi 0 0 16 28 160 90.90% 0 0% 44 100%
Jumlah
0 1 64 155 814 92.5% 1 0.454% 219 99.54%
100




0
93.18%
93.18%
94.31%
90.90%
90.90%
92.5%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 0 6 23 15 141 80.11% 6 13.63% 38 86.36%
2 Kebersihan Toilet (WC) 0 7 25 12 137 77.84% 7 15.90% 37 84.09%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 44 0 132 75% 0 0% 44 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 44 0 132 75% 0 0% 44 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 0 9 19 16 139 78.97% 9 20.45% 35 79.54%
6 Kenyamanan ruang praktek 0 4 26 14 142 80.68% 4 9.090% 40 90.90%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 44 0 0 88 50% 44 100% 0 0%
Jumlah
0 70 181 57 911 73.94% 70 22.72% 238 77.27%
100




0
80.11%
77.84%
75%
75%
78.97%
80.68%
50%
73.94%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 0 0 15 29 161 91.47% 0 0% 44 100%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 0 4 21 19 147 83.52% 4 9.090% 40 90.90%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 0 0 21 23 155 88.06% 0 0% 44 100%
4 Kelancaran proses asessment 0 0 22 22 154 87.5% 0 0% 44 100%
5 Kedisiplinan 0 2 20 22 152 86.36% 2 4.545% 42 95.45%
Jumlah
0 6 99 115 769 87.38% 6 2.727% 214 97.27%
100




0
91.47%
83.52%
88.06%
87.5%
86.36%
87.38%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 44 0 132 75% 0 0% 44 100%
2 Layanan makanan 0 0 14 30 162 92.04% 0 0% 44 100%
3 Layanan panitia kegiatan 0 0 16 28 160 90.90% 0 0% 44 100%
4 Layanan administrasi kegiatan 0 0 16 28 160 90.90% 0 0% 44 100%
5 Keramahan 1 0 11 32 162 92.04% 1 2.272% 43 97.72%
Jumlah
1 0 101 118 776 88.18% 1 0.454% 219 99.54%
100




0
75%
92.04%
90.90%
90.90%
92.04%
88.18%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 0 1 16 27 158 89.77% 1 2.272% 43 97.72%
2 Transparansi keuangan 0 0 19 25 157 89.20% 0 0% 44 100%
3 Bebas Pungli 0 0 20 24 156 88.63% 0 0% 44 100%
4 Bebas gratifikasi 0 0 20 24 156 88.63% 0 0% 44 100%
Jumlah
0 1 75 100 627 89.06% 1 0.568% 175 99.43%
100




0
89.77%
89.20%
88.63%
88.63%
89.06%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
99.54%
99.54%
77.27%
97.27%
99.54%
99.43%
95.43%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 95.43%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005