DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHAN IKAN ANGKATAN 43 2023

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 40 0 120 75% 0 0% 40 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 40 0 120 75% 0 0% 40 100%
3 Kecukupan makanan 1 0 10 29 147 91.87% 1 2.5% 39 97.5%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 2 6 9 23 133 83.12% 8 20% 39 80%
5 Kelancaran penerangan Listrik 1 0 10 29 147 91.87% 1 2.5% 39 97.5%
Jumlah
4 6 109 81 667 83.37% 10 5% 190 95%
100




0
75%
75%
91.87%
83.12%
91.87%
83.37%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720006 0 0 6 34 154 96.25% 0 0% 40 100%
2 Penggunaan metode mengajar 0 1 7 32 151 94.37% 1 2.5% 39 97.5%
3 Keterampilan & berkomunikasi 0 2 5 33 151 94.37% 2 5% 38 95%
4 Penggunaan media pembelajaran 0 2 4 34 152 95% 2 5% 38 95%
5 Penguasaan materi 1 0 5 34 152 95% 1 2.5% 39 97.5%
Jumlah
1 5 27 167 760 95% 6 3% 194 97%
100




0
96.25%
94.37%
94.37%
95%
95%
95%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 0 4 7 29 145 90.62% 4 10% 36 90%
2 Kebersihan Toilet (WC) 2 2 12 24 138 86.25% 4 10% 36 90%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 40 0 120 75% 0 0% 40 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 40 0 120 75% 0 0% 40 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 2 7 8 23 132 82.5% 9 22.5% 31 77.5%
6 Kenyamanan ruang praktek 0 3 12 25 142 88.75% 3 7.5% 37 92.5%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 40 0 0 80 50% 40 100% 0 0%
Jumlah
4 56 119 101 877 78.30% 60 21.42% 220 78.57%
100




0
90.62%
86.25%
75%
75%
82.5%
88.75%
50%
78.30%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 0 0 9 31 151 94.37% 0 0% 40 100%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 1 9 6 24 133 83.12% 10 25% 30 75%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 0 1 9 30 149 93.12% 1 2.5% 39 97.5%
4 Kelancaran proses asessment 0 1 8 31 150 93.75% 1 2.5% 39 97.5%
5 Kedisiplinan 0 0 13 27 147 91.87% 0 0% 40 100%
Jumlah
1 11 45 143 730 91.25% 12 6% 188 94%
100




0
94.37%
83.12%
93.12%
93.75%
91.87%
91.25%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 40 0 120 75% 0 0% 40 100%
2 Layanan makanan 0 0 10 30 150 93.75% 0 0% 40 100%
3 Layanan panitia kegiatan 0 0 7 33 153 95.62% 0 0% 40 100%
4 Layanan administrasi kegiatan 0 0 8 32 152 95% 0 0% 40 100%
5 Keramahan 0 0 8 32 152 95% 0 0% 40 100%
Jumlah
0 0 73 127 727 90.87% 0 0% 200 100%
100




0
75%
93.75%
95.62%
95%
95%
90.87%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 0 0 9 31 151 94.37% 0 0% 40 100%
2 Transparansi keuangan 0 0 12 28 148 92.5% 0 0% 40 100%
3 Bebas Pungli 0 0 10 30 150 93.75% 0 0% 40 100%
4 Bebas gratifikasi 0 0 11 29 149 93.12% 0 0% 40 100%
Jumlah
0 0 42 118 598 93.43% 0 0% 160 100%
100




0
94.37%
92.5%
93.75%
93.12%
93.43%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
95%
97%
78.57%
94%
100%
100%
94.09%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 94.09%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005