DATA PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL

DIKLAT ANEKA OLAHAN IKAN ANGKATAN 44 2023

DI BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR


TINGKAT KINERJA
Bagian A : Accomodation & meals
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kebersihan kamar tidur 0 0 37 0 111 75% 0 0% 37 100%
2 Perlengkapan kamar tidur 0 0 37 0 111 75% 0 0% 37 100%
3 Kecukupan makanan 0 1 2 34 144 97.29% 1 2.702% 36 97.29%
4 Kelancaran dan ketersediaan air 0 3 5 29 137 92.56% 3 8.108% 36 91.89%
5 Kelancaran penerangan Listrik 0 0 3 34 145 97.97% 0 0% 37 100%
Jumlah
0 4 84 97 648 87.56% 4 2.162% 181 97.83%
100




0
75%
75%
97.29%
92.56%
97.97%
87.56%
Keterangan
1. Kebersihan Kamar Tidur
2. Perlengkapan Kamar Tidur
3. Kecukupan Makanan
4. Kelancaran dan Ketersediiaan air
5. Kelancaran Penerangan Listrik
6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja
1
2
3
4
5
6



TINGKAT KINERJA
Bagian B : Instructors Performance
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Penampilan instruktur (Widyaiswara) 1720006 0 0 3 34 145 97.97% 0 0% 37 100%
2 Penggunaan metode mengajar 0 0 3 34 145 97.97% 0 0% 37 100%
3 Keterampilan & berkomunikasi 0 0 4 33 144 97.29% 0 0% 37 100%
4 Penggunaan media pembelajaran 0 0 4 33 144 97.29% 0 0% 37 100%
5 Penguasaan materi 0 0 6 31 142 95.94% 0 0% 37 100%
Jumlah
0 0 20 165 720 97.29% 0 0% 185 100%
100




0
97.97%
97.97%
97.29%
97.29%
95.94%
97.29%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Penampilan Instruktur (Widyaiswara)   2. Penggunaan Metode Mengajar  3. Keterampilan & Berkomunikasi  4. Penggunaan Media Pembelajaran  5. Penguasaan Materi  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 











TINGKAT KINERJA
Bagian C : Sarana dan Prasarana
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Kenyamanan ruang teori 0 0 7 30 141 95.27% 0 0% 37 100%
2 Kebersihan Toilet (WC) 0 2 3 32 141 95.27% 2 5.405% 35 94.59%
3 Kebersihan lingkungan kantor 0 0 37 0 111 75% 0 0% 37 100%
4 Ketersediaan fasilitas olahraga 0 0 37 0 111 75% 0 0% 37 100%
5 Kecukupan peralatan & mesin praktek 0 3 10 24 132 89.18% 3 8.108% 34 91.89%
6 Kenyamanan ruang praktek 0 2 4 31 140 94.59% 2 5.405% 35 94.59%
7 Fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja 0 37 0 0 74 50% 37 100% 0 0%
Jumlah
0 44 98 117 850 82.04% 44 16.98% 215 83.01%
100




0
95.27%
95.27%
75%
75%
89.18%
94.59%
50%
82.04%
1
2
3
4
5
6
7
8
Keterangan
1. Kenyamanan Ruang Teori   2. Kebersihan Toilet (WC)  3. Kebersihan Lingkungan Kantor  4. Ketersediaan Fasilitas Olahraga  5. Kecukupan Peralatan & Mesin Praktek
6. Kenyamanan Ruang Praktek  7. Fasilitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja  8. Jumlah Rata-Rata  Tingkat Kinerja






TINGKAT KINERJA
Bagian D : Kegiatan Diklat, Workshop dan Seminar
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Ketersediaan modul 0 0 5 32 143 96.62% 0 0% 37 100%
2 Ketersediaan peralatan & mesin praktek 1 3 7 26 132 89.18% 4 10.81% 33 89.18%
3 Kelancaran sesuai jadwal kegiatan 0 0 7 30 141 95.27% 0 0% 37 100%
4 Kelancaran proses asessment 0 0 8 29 140 94.59% 0 0% 37 100%
5 Kedisiplinan 0 0 6 31 142 95.94% 0 0% 37 100%
Jumlah
1 3 33 148 698 94.32% 4 2.162% 181 97.83%
100




0
96.62%
89.18%
95.27%
94.59%
95.94%
94.32%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Ketersediaan Modul  2. Ketersediaan Peralatan & Mesin Praktek  3. Kelancaran Sesuai Jadwal Kegiatn  4. Kelancaran Proses Asessment 5. Kedisiplinan  6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian E : Pelayanan kepada Peserta
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Layanan Satpam atau resepsionis 0 0 37 0 111 75% 0 0% 37 100%
2 Layanan makanan 0 0 5 32 143 96.62% 0 0% 37 100%
3 Layanan panitia kegiatan 0 0 4 33 144 97.29% 0 0% 37 100%
4 Layanan administrasi kegiatan 0 0 6 31 142 95.94% 0 0% 37 100%
5 Keramahan 0 0 3 34 145 97.97% 0 0% 37 100%
Jumlah
0 0 55 130 685 92.56% 0 0% 185 100%
100




0
75%
96.62%
97.29%
95.94%
97.97%
92.56%
1
2
3
4
5
6
Keterangan
1. Layanan Satpam atau Resepsionis  2. Layanan Makanan  3. Layanan Panitia Kegiatan  4. Layanan Administrasi Kegiatan   5. Keramahan   6. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 









TINGKAT KINERJA
Bagian F : Wilayah bebas KKN
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
Skor
Tidak Puas
Puas
1 2 3 4 Nilai % Jml % Jml %
1 Bebas suap dan korupsi 1 0 2 34 143 96.62% 1 2.702% 36 97.29%
2 Transparansi keuangan 0 0 4 33 144 97.29% 0 0% 37 100%
3 Bebas Pungli 1 0 2 34 143 96.62% 1 2.702% 36 97.29%
4 Bebas gratifikasi 0 0 4 33 144 97.29% 0 0% 37 100%
Jumlah
2 0 12 134 574 96.95% 2 1.351% 146 98.64%
100




0
96.62%
97.29%
96.62%
97.29%
96.95%
1
2
3
4
5
Keterangan
1. Bebas Suap dan Korupsi   2. Transparansi Keuangan   3. Bebas Pungli   4. Bebas Gratifikasi   5. Jumlah Rata-Rata
Tingkat Kinerja 












TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN EKSTERNAL


100




0
97.83%
100%
83.01%
97.83%
100%
98.64%
96.22%
A
B
C
D
E
F
G
Keterangan
A. Akomodasi dan Makanan   B. Penampilan dan Kinerja Narasumber  C. Sarana dan Prasaranana  D. Kegiatan Diklat, Workshop & Seminar  E. Pelayanan Kepada Peserta
F. Wilayah Bebas KKN   G. Jumlah Rata-Rata  




Rata - Rata Kepuasan Pelanggan                                                                                                                                                  

(A + B + C + D + E + F)/6 = 96.22%


                                                                                                                                                                                                                           Makassar, 
                                                                                                                                                                                                                           Kepala Balai Diklat Industri Makassar






                                                                                                                                                                                                                                        Bagus Herry, SE.

                                                                                                                                                                                                                                NIP. 19660512 199003 1 005